Ade Wismoyo | MataMata.com
Perjalanan Karier Ramon Papana. (YouTube/Ramon Papana)

Matamata.com - Ramon Papana tengah jadi sorotan setelah dirinya digugat oleh komunitas komika Indonesia. Gugatan tersebut untuk membatalkan open mic dijadikan merek dagang dan dimiliki oleh perseorangan.

Diketahui bahwa Open Mic telah didaftarkan sebagai merek dagang sejak 2013 silam oleh Ramon Papana yang mengklaim dirinya sebagai pelopor stand up comedy Indonesia. Ramon Papana mungkin masih cukup asing bagi masyarakat awam, tapi di dunia hiburan ia telah dikenal luas.

Sebab Ramon Papana merupakan sosok di balik kesuksesan beberapa artis dan pelawak tanah air. Kariernya di dunia hiburan cukup panjang dan mengesankan, ia adalah DJ, pelawak, penulis, dan produser.

Baca Juga:
Luna Maya Ultah, Doa Syahrini Agar Sukses Bersama Sampai Tua Dinyinyiri Netizen: Katanya Nggak Kenal?

Ramon juga merupakan ayah angkat dari presenter Ade Namnung yang terkenal usai menjadi pemeran dalam program komedi yang produseri olehnya. Kenalan lebih dekat dengan sosoknya lewat ulasan perjalanan karier Ramon Papana yang tengah disorot berikut.

1. Ramon Papana mengawali karier sebagai disc jockey (DJ) usai menamatkan pendidikannya di luar negeri. Ia sempat bekerja di beberapa klub di Jerman, Belanda, dan Swiss.

Perjalanan Karier Ramon Papana. (YouTube/hi INDO! Official)

2. Tahun 1979, Ramon Papana yang menempuh studi di negeri orang dan bekerja di sana akhirnya pulang ke Indonesia. Ia memulai karier sebagai DJ seperti pekerjaan sebelumnya.

Baca Juga:
Transformasi Riasan Wanita Ini Disebut Mirip Ibu Putri Sambo: Kirain Tutorial Bu PC ke Mako Brimob

Perjalanan Karier Ramon Papana. (YouTube/Ramon Papana)

3. Bersama dengan SC Low dan Mixmaster Marvin, Ramon mendirikan The Academy of Disc Jockey, sebuah sekolah Disc Jockey di Jakarta. Setahun berselang, ia mendirikan Indonesian Disc Jockey School (IDJS) dan menjabat sebagai Presiden IDJS..

Perjalanan Karier Ramon Papana. (YouTube/hi INDO! Official)

4. Kiprah Ramon sebagai DJ sangat cemerlang, pada kisaran tahun 1990-an, ia menjabat Ketua Umum Ikatan DJ Se-Indonesia dan Ketua Harian Persatuan Disc Jockey Indonesia (PDJI) serta Branch Manager Disco Mix Club (DMC) Indonesia. Ia membawa Indonesia tampil dalam kompetisi DJ internasional di London di tahun 1991.

Perjalanan Karier Ramon Papana. (YouTube/hi INDO! Official)

5. Bersama Harry de Fretes, Ramon mendirikan PT HDF Corporation yang membawahi Grup Lenong Rumpi. Ramon menjadi produser dan membuat program komedi yang membesarkan nama sederet artis seperti Tukul Arwana hingga Becky Tumewu.

Baca Juga:
Adu Tajir Isi Dompet Hotman Paris Vs Raffi Ahmad: Kalau Ketemu Cewek, Hati-hati di Jalan!

Perjalanan Karier Ramon Papana. (YouTube/hi INDO! Official)

6. Ade Namnung adalah salah satu artis yang tenar usai membintangi program komedi yang diproduserinya. Ramon kemudian menjadi ayah angkat dan sempat pula menjadi manager Ade Namnung. Ramon juga mengurus Ade Namnung saat sakit sebelum meninggal dunia.

Perjalanan Karier Ramon Papana. (YouTube/Mata Bento)

7. Tahun 1997 Ramon P. Tommybens mendirikan Comedy Cafe Indonesia di kawasan Kemang Jakarta Selatan. Kafe inilah yang disebut menjadi tempat awal karier sederet komika seperti Pandji Pragiwaksono.

Perjalanan Karier Ramon Papana. (Instagram/theramonpapana)

8. Tahun 2003 Ramon memimpin EKOMANDO Production bersama Eko Patrio dan memproduksi banyak tayangan komedi TV dan infotainment seperti Cinta, Kuota Bali, Eko Ngegosip dan banyak lagi.

Baca Juga:
6 Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek, Terbaru She-Hulk

Perjalanan Karier Ramon Papana. (Twitter/ramonpapana)

Perjalanan karier Ramon Papana cukup mengesankan dan gemilang. Ia rupanya adalah sosok penting yang turut andil dalam melambungkan nama sejumlah artis papan atas Indonesia. Ramon Papana yang tengah menghadapi gugatan komunitas komika Indonesia mengaku sudah pensiun, meski ia masih aktif di media sosial.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More