Ade Wismoyo Rena Pangesti | MataMata.com
Dr Richard Lee (Instagram/@dr.richard_lee)

Matamata.com - Dokter Richard Lee lagi-lagi harus berurusan dengan hukum. Setelah sebelumnya kisruh dengan Kartika Putri, kini salah satu ucapannya dianggap melecehkan seni debus dari Banten.

Tanpa memberikan somasi terlebih dahulu, Persatuan Debus di Banten mengadukan Dokter Richard Lee ke Mabes Polri. Mereka awalnya hendak melaporkan, namun karena administrasi belum lengkap, maka laporannya pun ditangguhkan.

Persatuan Seni Budaya Indonesia yang diwakili oleh ketua umumnya, Yangto (kanan) dan pengacaranya, Maskur (mengenakan peci) melaporkan dr Richard Lee ke Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022). [Rena Pangesti/Suara.com]

"Laporannya terkait perbuatan Richard Lee di media sosial. Dia dengan nyata menyatakan melecehkan debus, debis," kata Maskur, tim pengacara persatuan debus ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga:
Denny Sumargo Antar Istri Cek Kandungan di Rumah Sakit Malaysia, Kenapa?

Ucapan Dokter Richard Lee inilah yang dianggap sebagai bentuk penghinaan bagi seni budaya debus. "Di situ ada pelecehan, penghinaan, merendahkan debus," ujar Maskur.

"Padahal debus adalah warisan budaya leluhur dari Kesultanan Banten. Ini sangat menyakiti bagi pecinta seni," katanya menambahkan.

Atas masalah ini, Dokter Richard Lee sebenarnya sudah memberikan klarifikasi tanpa meminta maaf. Untuk itu proses hukum akhirnya berlanjut. 

Baca Juga:
Cita Citata Bongkar Buruknya Sistem Dunia Perfilman, Ngadu ke DPR

Dokter Richard Lee di kawasan Kuningan, Jakarta (29/8/2022) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

"Dia klarifikasi, mengaku salah tapi tidak meminta maaf," kata Maskur, tim pengacara persatuan debus.

Kalaupun Richard Lee meminta maaf, Maskur tidak bisa memastikan apakah perkara hukum akan berhenti.

"Kami harus musyawarah dulu di Banten, ada sesepuh keturunan kesultanan Banten, itu juga harus dimintai restunya," ucap Maskur.

Baca Juga:
9 Potret Geng Cendol Arisan di Rumah Nagita Slavina, Shireen Sungkar Jadi Anggota Baru

Masalah ini bermula saat Richard Lee membuat video sayembara di media sosial. Ia menantang dukun  melakukan atraksi.

"Sayembara! Tolong sampaikan kepada Om Daus ya, Jindan dan dukun-dukun yang lain. Bagi kalian yang punya ilmu kebal, ilmu debus, debis dan punya ilmu Al hikmah," ucap Richard Lee dikutip dari kanal YouTube PJBN Official.

Ia menambahkan, "kalian yang kebal dengan pisau bedah, saya kasih Rp 100 juta per orang! "

Baca Juga:
Heboh! Wajah Najwa Shihab Terpampang di Balik Truk, Reaksinya Bikin Syok

Load More