Yohanes Endra | MataMata.com
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Kolase Instagram/erinagudono/kaesangp)

Matamata.com - Beredar kabar bahwa pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar pada Desember 2022. Terkini, Presiden Joko Widodo selaku ayah Kaesang disebut-sebut sudah mencari tempat untuk pernikahan anaknya tersebut.

Presiden Jokowi diketahui telah mengunjungi Pendopo Agung Ambarrukmo yang diduga akan digunakan untuk pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Adapun pendopo ini berada di kawasan Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. Saat mengecek Pendopo Agung Ambarrukmo, Erina Gudono tampak hadir dalam rombongan.

Baca Juga:
Jokowi Upload Foto Wisuda, Kaesang Gak Mau Kalah Bikin Calon Istri Bangga: Gelar Baruku Prosesor

Potret Erina Gudono (Instagram/erinagudono)

Pihak Royal Ambarrukmo Hotel membenarkan kedatangan Presiden Jokowi untuk melihat gedung tersebut untuk pernikaan Kaesang dan Erina.

Sebagai informasi, Kedaton Ambarrukmo sering digunakan sebagai tempat pernikahan maupun acara lainnya. Menurut Pusat Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, kompleks Kedhaton Ambarrukmo terdiri dari tujuh kawasan, yakni Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan dan Alun-Alun.

Kedhaton Ambarrukmo dibangun berdasarkan tradisi Jawa yang kuat. Lantas apa saja fakta Pendopo Agung Ambarrukmo? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:
Viral Kirim Foto Wisuda SD ke Kaesang, Stiker Iriana Jokowi Jadi Sorotan

Sejarah Pendopo Agung

Pendopo Agung dibangun pada tahun 1857 oleh Sultan Hamengkubuwono VI. Pendopo Agung juga pernah menjadi tempat beristirahat keluarga kerajaan dan kediaman Sultan Hamengkubuwono VII setelah turun tahta.

Sejak pembangunan awal Pendopo Agung tidak pernah mengalami perubahan bentuk. Pendopo Agung berbentuk Joglo Sinom dengan ukuran 32 x 32,4 meter, memiliki 36 tiang (4 Saka Guru, 12 Saka Penanggap, 20 Saka Penitih).

Baca Juga:
9 Potret Shania Adik Erina Gudono, Segera Jadi Adik Ipar Kaesang Pangarep Nih!

Potret Erina Gudono (Instagram/erinagudono)

Ornamen Pendopo Agung

Ornamen Pendopo Agung memiliki sifat yang melambangkan kebaikan, keindahan dan kesuburan. Pendopo Agung memiliki warna hijau, merah dan kuning emas yang terinspirasi dari teratai merah. Pendopo Agung juga memiliki bangunan terbuka tanpa dinding, sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik.

Pilar-pilar Pendopo Agung dihiasi dengan ukiran seperti Saton, Mirong, Wajikan, dan Praba. Masing-masing pilar diletakkan di atau 'umpak' atau dasar batu yang diukir dengan kaligrafi Arab.

Baca Juga:
Kaesang Pamer Chat Bahas Fitting Baju, Stikernya Bikin Salfok: Jangan Sampai Bapak Tahu Mas

Pendopo Agung ini juga memiliki lantai yang lebih tinggi daripada bangunan di sekitarnya karena memiliki makna menghargai kepada setiap tamu yang datang. Sementara bangunan yang tanpa dinding tersebut bermakna raja yang terbuka pada rakyat. (Muhammad Zuhdi Hidayat)

Load More