Nur Khotimah | MataMata.com
David Ozora. (Twitter/MellisA_An)

Matamata.com - David Ozora Akhirnya Boleh Pulang usai 53 Hari Dirawat di Rumah Sakit, Tapi...

Cristalino David Ozora diperbolehkan pulang setelah 53 dirawat di Rumah Sakit Mayapada karena dianiaya oleh Mario Dandy. Pihak dokter pun menyampaikan keterangan lebih lanjut terkait kepulangan David.

Menurut Dokter Spesialis Saraf Rumah Sakit Mayapada, Yeremia Tatang, kondisi David yang mulai membaik sehingga diperbolehkan pulang. Putra Jonathan Latumahina itu sebelumnya mendapat pengobatan dari berbagai aspek (multi aspect treatment).

Baca Juga:
Dikunjungi Ardhito Pramono di RS, David Ozora Duet Bawakan 5 Lagu

"Kami memang memberikan multi treatment. Kami juga memberikan multi aspect treatment dan kerja sama tim yang baik dari rumah sakit," ujar Dokter Yeremia yang dikutip dari Youtube Cumi Cumi, Senin (17/4/2023).

Dokter Yeremia mengungkap kondisi David mulai membaik saat memasuki minggu ke empat menjalani perawatan. Perubahan yang terlihat pada kondisi David yakni saraf motorik dan sensorik yang mulai membaik.

"Dari awal David masuk memang kondisinya itu memang koma dan memang ada infeksi yang cukup akibat cedera yang ia alami tersebut. Kondisi ini belum membaik sampai minggu ketiga, sampai minggu ketiga sudah mulai sedikit ada perubahan. Perubahan itu mulai tampak minggu ke 4," ucap Dokter Yeremia lagi.

Baca Juga:
Lewati Masa Kritis, David Ozora Diizinkan Pulang ke Rumah

"Pertama kali motoriknya mulai membaik yang kedua disertai kesadaran yang mulai membaik, jadi mulai bisa merespon terhadap lingkungan dan juga bisa mengikuti," tuturnya.

Kendati sudah dipulangkan, Dokter Yeremia menuturkan perjalanan David masih cukup panjang untuk bisa pulih 100 persen. Sebab David harus melakukan pengobatan khusus untuk melatih dari sisi koginisi dan saraf motoriknya.

"Karena dari sisi kognisi atau pikirannya itu masih membutuhkan latihan dan membutuhkan pemulihan dan motoriknya halusnya pun masih belum sepenuhnya membaik. Jadi ini masih membutuhkan treatment yang agak cukup panjang sehingga dia masih bisa pulih," ucap Dokter Yeremia.

Baca Juga:
Jauh dari Pulih, Fungsi Otak David Ozora Menurun Drastis: Memorinya Lompat-lompat

"Jadi kita pulangkan hari itu karena dari segi motorik jauh lebih membaik, kognisi jauh lebih membaik walaupun belum 100 persen mendekati normal tetapi ini sudah jauh lebih membaik dibanding dari kondisi awal kondisi koma," kata Dokter Yeremia.

Lebih lanjut, Doker Yeremia menyebut kondisi David sudah bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari seperti makan, minum dan memainkan handphone.

"Dia (David sudah bisa beraktivitas sehari hari seperi makan minum main HP sudah mulai bisa. Tetapi dari sisi kognisi masih membutuhkan treatment yang masih cukup panjang sehingga dia bisa pulih sebelum terkena trauma kemaren," tandasnya. (Ummi H S)

Load More