Yohanes Endra | MataMata.com
Jonathan Khemdee, pemain Timnas Thailand di SEA Games 2023. (Facebook Changsuek)

Matamata.com - Jonathan Khemdee, pemain sepak bola yang membela Timnas Thailand di SEA Games menuai sorotan tajam. Ia terciduk melemparkan medali dan boneka SEA Games 2023 ke arah penonton. Perbuatannya itu langsung viral karena dinilai tidak bisa menerima kekalahan.

Aksi Jonathan Khemdee yang juga dibagikan akun Twitter recehtapisayang, Rabu (17/5/2023), memperlihatkan, dirinya saat pembagian medali perak dan boneka sepak bola SEA Games 2023. Namun, setelah mengambilnya justru pemain asal Thailand itu langsung melemparkan boneka dan medali ke arah penonton.

Jonathan Khemdee sendiri langsung banjir hujatan, tidak hanya dari pendukung asal Indonesia, tetapi negara-negara lainnya. Warganet menilai Jonathan Khemdee salah karena tidak bisa menerima kekalahan.

Baca Juga:
Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Bek Thailand Jonathan Khemdee Buang Medali dan Boneka SEA Games

Beberapa juga menilai aksinya tidak menghargai tuan rumah, yaitu Kamboja yang telah memberikan medali. Apalagi, ia melakukannya tepat setelah boneka dan medali tersebut diberikan.

“Kalau kalah ya harus legowo, namanya pertandingan ada yang menang ada yang kalah. Apa gak malu dia berperilaku kayak gitu, tapi nanti pasti ngeles kalo itu gak ngebuang,” tulis akun @jas***s.

“Karena menang terus jadi gak terima kekalahan, payah,” komentar akun @ra***un.

Baca Juga:
Jirayut Kena Imbas usai Thailand Berulah saat Lawan Indonesia di SEA Games: Jangan Bikin Aku Bingung

Kalah dalam pertandingan memang memberikan perasaan luka dan kecewa. Bahkan, hal ini bisa memengaruhi suasana hati, bahkan setelah pertandingan. Meski demikian, jika dibiarkan saja dengan suasana hati yang buruk, itu bisa memberikan dampak negatif bagi diri sendiri.

Oleh sebab itu, ketika menghadapi kekalahan, seseorang harus bisa belajar menerimanya. Melansir laman Squash Point, berikut beberapa cara untuk bisa menerima kekalahan dalam pertandingan.

1. Refleksi

Baca Juga:
Nobar Sepak Bola Sea Games Bareng Pak Jokowi, Ekspresi Gibran saat Indonesia Menang Disorot: Pegang Thailand Kah?

Menang dalam kalah adalah hal yang biasa. Ketika menghadapi kekalahan, itu bisa menjadi waktu untuk merefleksikan semuanya. Hal tersebut juga bisa menjadi pelajaran hal apa yang masih kurang sehingga performa menjadi lebih baik. Refleksi juga akan membantu perasaan jauh lebih baik.

2. Hindari perasaan negatif

Selalu hindari segala perasaan negatif yang muncul. Kecewa dan frustrasi memang hal wajar terjadi. Namun, selalu hindari hal negatif yang berlebihan. Buat pikiran kalau kekalahan itu menjadi tempat untuk belajar jadi lebih baik.

3. Latih mindfulness

Mindfulness akan membuat diri fokus dan berpegang teguh akan satu hal. Dengan mindfulness, ini akan membuat diri sendiri mengesampingkan kritik, penilaian, serta pikiran negatif yang muncul. Hal tersebut akan membuat diri sendiri menerima segala hal yang akan terjadi pada pertandingan, bahkan kekalahan.

4. Jangan berhenti berlatih

Cara menghadapi kekalahan lainnya yaitu jangan pernah berhenti berlatih. Fokus untuk selalu berlatih menjadi lebih baik untuk ke depannya. Dengan latihan juga bisa membuat perasaan jauh lebih baik.

5. Ketahui kalah adalah bagian dari olahraga

Dalam olahraga menang dan kalah adalah hal yang wajar. Oleh sebab itu, ketika saat bertanding kalah, orang tersebut tidak akan terlalu memikirkannya. Pasalnya, ketika kalah itu justru menjadi ruang untuk menjadi lebih baik. Bahkan, mungkin saja kemenangan bisa diraih di pertandingan berikutnya. (Fajar Ramadhan)

Load More