Yohanes Endra | MataMata.com
Niat dan Jadwal Puasa Muharram 2023 (istockphoto.com)

Matamata.com - Dalam rangka menyambut bulan Muharram, umat muslim dianjurkan menjalani berbagai amalan di bulan tersebut. Salah satunya adalah berpuasa.

Puasa Muharram merupakan salah satu amalan sunnah yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya puasa sunnah satu ini memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan jika menjalankannya.

Lantas, kapan puasa Muharram 2023 dapat dijalankan? Bagi yang ingin mendapatkan pahalanya, mari simak dulu bacaan niat dan jadwal puasa Muharram 2023 berikut ini!

Apa itu puasa Muharram?

Puasa Sunnah Muharram adalah puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Bukhari Muslim yang berbunyi:

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa di bulan Allah -Muharram. Sementara itu, sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam. " (HR Muslim)

Ajakan berpuass di bulan Muharram ini juga dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib yang mengutip sabda Rasulullah SAW berikut:

“Apabila engkau ingin puasa setelah Ramadhan, maka puasalah di bulan Muharram. Sesungguhnya bulan itu adalah bulan Allah dan pada bukan itu pula terdapat satu hari di mana ketika suatu kamu bertaubat, Allah juga akan menerima taubat kaum yang lain”, (HR Tirmidzi)

Kontributor: Nur Khasanah
Load More