Yohanes Endra | MataMata.com
Rekomendasi Film Karya Greta Gerwig (imdb)

Matamata.com - Film Barbie sudah bisa disaksikan di bioskop Tanah Air mulai 19 Juli 2023 lalu. Live-action dari karakter boneka populer produksi Mattel ini dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai pemeran utama.

Meski Barbie dikenal sebagai sosok boneka yang cantik dan manis, filmnya menyuguhkan cerita mendalam tentang feminisme. Sang sutradara, Greta Gerwig, memang jagonya membuat film-film tentang hak-hak perempuan.

Karakter utama dalam film-film Greta Gerwig adalah perempuan muda kreatif, bersemangat, menentang arus dan memiliki kepercayaan diri yang kuat. Tak heran jika banyak perempuan yang related dengan kisah yang disuguhkan Gerwig dalam karyanya.

Baca Juga:
Sinopsis Target: Film Thriller Korea Baru dari Shin Hye Sun, Kim Sung Kyun dan Kang Tae Oh

Selain Barbie, berikut rekomendasi film karya Greta Gerwig yang sayang banget untuk dilewatkan!

1. Nights and Weekends (2008)

Rekomendasi Film Karya Greta Gerwig (imdb)

Nights and Weekends debut sutradara Greta Gerwig serta satu-satunya film yang dia sutradarai dan perankan. Dalam film ini, Gerwig dipasangkan dengan Joe Swanberg.

Baca Juga:
Demi Film Oppenheimer, Cillian Murphy Lakukan Diet dan Hanya Makan Almond Tiap Hari

Kisahnya dipuji karena sukses menunjukkan emosi dan penggambaran hubungan jarak jauh yang realistis. Bakat Gerwig untuk menggambarkan hubungan dan memunculkan emosi menjadi kekuatan utama film ini.

2. Frances Ha (2012)

Rekomendasi Film Karya Greta Gerwig (imdb)

Frances Ha adalah puncak karier Greta Gerwig sebagai aktris dan penulis. Gerwig sukses menciptakan karakter perempuan muda yang putus asa, namun tangguh dan tidak pernah goyah.

Baca Juga:
10 Fakta Menarik Film Barbie, Sempat Bikin Pasokan Cat Pink di Dunia Jadi Langka

Kisahnya tentang seorang wanita New York yang sebenarnya tidak memiliki tempat tinggal. Dia magang di sebuah perusahaan tari meskipun bukan penari, membuat kemungkinan untuk mewujudkan mimpinya semakin berkurang.

3. Mistress America (2015)

Rekomendasi Film Karya Greta Gerwig (imdb)

Mistress America merupakan karya Greta Gerwig sebagai penulis, produser sekaligus pemain. Gerwig berperan sebagai Brooke, saudara tiri sang tokoh utama, Tracy Fishko (Lola Kirke).

Film ini berpusat pada karakter Tracy Fishko, seorang mahasiswa baru naif yang hidupnya berubah drastis ketika dia mulai hidup dengan calon saudara tirinya yang nakal.

4. Lady Bird (2017)

Rekomendasi Film Karya Greta Gerwig (imdb)

Lady Bird merupakan film yang membuat kemampuan Greta Gerwig sebagai filmmaker diakui secara luas. Film ini dibintangi Saoirse Ronan sebagai pemeran utama bersama Laurie Metcalf dan Timothée Chalamet.

Film ini bercerita tentang seorang perempuan muda yang beranjak dewasa dan harus menghadapi hubungan yang rumit dengan ibunya. Kisahnya sederhana, namun penuh dengan narasi yang menyentuh dan emosional.

5. Little Women (2019)

Rekomendasi Film Karya Greta Gerwig (imdb)

Little Women adalah film ketiga yang disutradarai oleh Greta Gerwig. Film yang diangkat dar novel karya Louisa May Alcott ini dibintangi jajaran nama besar seperti Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Timothée Chalamet dan Meryl Streep.

Gerwig sukses menyuguhkan kisah empat bersaudara yang masing-masing mendapat porsi yang menjelaskan keinginan dan tujuan hidup mereka serta alasan di baliknya.

Itu dia rekomendasi film karya Greta Gerwig sutradara Barbie. Tonton saja semuanya dan dijamin tidak akan mengecewakan.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More