Ismail | MataMata.com
Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Matamata.com - Ada cukup banyak aktor Mandarin yang mendunia, tentunya karena penampilan memukau mereka di film. Beberapa bahkan masih eksis hingga sekarang.

Film Mandarin menjadi salah satu tontonan favorit pemirsa Tanah Air di era 90-an. Selain jalan ceritanya yang seru, aksi laga para pemain utamanya dapat memacu adrenalin pemirsa.

Berkat akting mereka yang oke, sejumlah aktor Mandarin bahkan sukses melebarkan sayap ke Hollywood. Berkarier di industri film sebesar Hollywood tentu saja membuat nama mereka makin mendunia.

Baca Juga:
Bakal Nikah, Son Ye Jin dan Hyun Bin Dapat Ucapan Selamat dari Kedubes Swiss untuk Korea

Lantas siapa saja sih aktor Mandarin yang mendunia? Simak daftar namanya berikut ini!

1. Jackie Chan

Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Siapa sih yang nggak kenal Jackie Chan? Aktor legendaris asal Hong Kong ini sangat populer dengan aksi laga dan komedi di setiap film yang dibintanginya. Namanya mulai populer setelah membintangi film Snake in the Eagle's Shadow pada tahun 1978.

Baca Juga:
Anak Semata Wayang Tak Doyan Makan karena Sakit, Inul Daratista Gercep Undang Chef Terkenal

Aktor kelahiran 1954 itu membintangi banyak film sukses hingga dilirik untuk bermain di Battle Creek Brawl, awal kiprahnya di Hollywood. Beberapa film hits yang dibintanginya seperti Rush Hour, The Karate Kid, The Foreigner, dan Kungfu Panda. Meski sudah tak muda lagi, ia masih aktif berakting.

2. Andy Lau

Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Andy Lau mulai dikenal di Indonesia sejak berperan sebagai Yoko serial legendaris The Return of the Condor Heroes atau Kembalinya Pendekar Rajawali pada tahun 1983. Namanya semakin dikenal setelah membintangi sejumlah film hits.

Baca Juga:
7 Drama Populer Go Ara yang Ultah ke-32, Ada Hwarang dan Miss Hammurabi

Beberapa film yang membesarkan nama Andy Lau antara lain King of Gamblers, A Fighter's Blue, Running of out time, dan Infernal Affairs. Selama kariernya di dunia akting, aktor kelahiran 1961 tersebut dianugerahi banyak penghargaan.

3. Stephen Chow

Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Stephen Chow dikenal karena akting kocaknya yang tidak pernah gagal menghibur penonton. Namanya mulai mendunia setelah membintangi sejumlah film box office seperti Shaolin Soccer, CJ7, dan Kung Fu Hustle.

Baca Juga:
Musisi Younky Soewarno Meninggal Dunia, Dewa Budjana Berduka dan Beri Penghormatan Terakhir

Selain berakting, komedian asal Hong Kong itu juga berprofesi sebagai penulis skenario, sutradara, produser serta pengusaha. Stephen Chow sempat bangkrut karena terlilit utang. Namun ia bangkit dan mulai aktif di dunia perfilman.

4. Jet Li

Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Jet Li terkenal setelah berperan sebagai Wong Fei Hung dalam film Once Upon a Time in China. Aktor yang benar-benar jago Wushu ini sukses sukses mengembangkan karier aktingnya di Hollywood dengan film Lethal Weapon 4 pada 1998.

Beberapa film box office Hollywood yang dibintangi olehnya antara lain Hitman, Romeo Must Die, The One, The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor, dan The Expendables. Jet Li ikut bermain di live-action Mulan sebagai Emperor of China.

5. Chow Yun Fat

Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Aktif sejak tahun 1974, Chow Yun Fat membuat namanya dikenal setelah membintangi A Better Tomorrow (1986) karya sutradara John Woo. Saking tenarnya, The LA Times bahkan menobatkannya sebagai aktor paling mengagumkan di dunia.

Beberapa film box office yang dibintangi aktor kelahiran Hong Kong ini antara lain Anna and the King (1999), Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000), Curse of the Golden Flower (2006), dan Pirates of the Caribbean: At World's End (2007). Hingga kini, ia telah muncul di lebih dari 95 film dan lebih dari 25 serial televisi.

6. Tony Leung

Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Tony Leung mulai mendapat perhatian sejak bermain di film arahan sutradara John Woo, Hard Boiled tahun 1992. Aktor kelahiran Hong Kong tahun 1962 ini mulai dikenal luas di dunia berkat perannya dalam film A City of Sadness tahun 1989.

Beberapa filmnya yang sukses antara lain Chungking Express, Happy Together, dan Internal Affairs. Baru-baru ini Tony Leung muncul di film Marvel Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021) sebagai Wenwu dan sukses menarik perhatian fans Gen-Z.

7. Donnie Yen

Aktor Mandarin yang Mendunia (imdb)

Donnie Yen memulai kariernya di dunia akting dengan berperan di film Drunken Tai Chi pada tahun 1984. Aktor asal Tiongkok dikenal luas karena aksi laganya yang keren di setiap film. Donnie Yen memulai kiprahnya di Hollywood lewat film Iron Monkey (2000) dan Blade (2002).

Beberapa film box office lainnya yang dibintangi oleh Donnie Yen antara lain Ip Man, The Expendables 2, Rogue One, dan xXx: Return of Xander Cage. Ia juga ikut main di film Mulan sebagai Komandan Tung, dan akan muncul di film John Wick: Chapter 4 pada 2023 mendatang.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More