Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Jet Li. (Instagram/jetli)

Matamata.com - Jet Li tengah jadi sorotan karena penampilan terbarunya menunjukkan wajahnya yang terlihat lebih tua dari umurnya. Aktor legendaris yang banyak diidolakan di seluruh dunia itu sejatinya baru berusia 60 tahun. Tetapi netizen meributkan penampilannya yang terlihat seperti berusia 80 tahun.

Hal itu bermula dari unggahan video di Weibo, situs media sosial yang populer di Cina. Dalam video yang viral itu, Jet Li terlihat memiliki banyak kerutan di wajahnya. Hal ini kemudian mengundang banyak spekulasi dari netizen yang menduga dirinya sedang tidak sehat. Mengingat pada 2018 lalu, Jet Li sempat mengungkap mengidap hipertiroidisme. Yuk, kenang kembali sosok aktor luar biasa yang sudah lama vakum dari dunia akting lewat ulasan profil Jet Li berikut.

1. Latar belakang Jet Li

Baca Juga:
Sinopsis Danny The Dog (Unleashed), Aksi Jet Li Keluar dari Perbudakan Mafia

Profil Jet Li. (Instagram/jetli)

Jet Li adalah aktor, atlet wushu, dan produser kelahiran 26 April 1963. Aktor yang memiliki nama lahir Li Lian Jie ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-60 tahun. Jet Li dikabarkan sudah merubah kewarganegaraannya dari Amerika Serikat menjadi Singapura sejak tahun 2009 silam. Jet Li yang lahir di Beijing telah berkarier di dunia akting sejak tahun 1982.

Kiprahnya di dunia perfilman Tiongkok telah melambungkan namanya menjadi salah satu aktor laga paling populer. Namanya pun masih terkenal sampai sekarang walau ia sudah cukup jarang bermain film. Sebagai penganut agama Budha, Jet Li mengaku hidupnya lebih tenang dan sehat setelah rajin membaca teks suci dan beribadah.

2. Pendidikan dan masa remaja

Baca Juga:
Setelah Vicky Zhao, Jet Li Masuk Daftar Hitam Pemerintah China

Profil Jet Li. (Instagram/jetli)

Jet Li adalah aktor yang menjadikan akting sebagai pilihan pendidikannya. Tak hanya mengambil sekolah formal untuk pendidikan akting, Jet Li juga mempelajari ilmu bela diri sejak umurnya baru 8 tahun. Seni bela diri yang ditekuni Jet Li sejak kecil hingga dewasa adalah wushu.

Kerennya lagi berkat kemampuan Jet Li dalam Wushu, ia sukses meraih banyak medali dan jadi atlet wushu yang membanggakan. Jadi tak perlu heran, kenapa Jet Li selalu tampil keren dan memukau dalam semua film laga yang ia bintangi. Sebab di kehidupan nyata, Jet Li memang jago bela diri lantaran merupakan seorang atlet wushu yang handal.

3. Kehidupan pribadi

Baca Juga:
Sinopsis Film The Forbidden Kingdom, Duet Maut Jet Li dan Jackie Chan

Profil Jet Li. (Instagram/jetli)

Jet Li tak hanya dikenal sebagai aktor laga yang keren dan jago bertarung. Semasa mudanya ia memiliki wajah yang tampan dan memikat hingga ia pun jadi sosok boyfriend material yang banyak dipuja kaum hawa.

Namun pada tahun 1987, Jet Li membuat banyak penggemarnya patah hati saat menikah dengan Huang Qiuyan. Istri Jet Li adalah sesama anggota dari tim wushu dan juga ikut andil dalam film Kids From Shaolin. Dari pernikahan Jet Li dan Qiuyan, mereka dikaruniai dua orang anak perempuan yaitu Si dan Taimi. Sayangnya, Jet Li memutuskan bercerai dari Qiuyan pada tahun 1990.

Setelah sembilan menduda, Jet Li menikah lagi dengan wanita bernama Nina Li Chi. Pernikahan kedua Jet Li jarang tersorot walau begitu sampai sekarang rumah tangganya masih bertahan.

4. Riwayat penyakit

Profil Jet Li. (Instagram/jetli)

Jet Li kembali membuat penggemarnya patah hati setelah dirinya mengungkapkan bahwa ia mengidap hipertiroid. Penyakit itu diidapnya sejak sekitar tahun 2010-an. Dan membuatnya mengalami perubahan metabolisme jantung.

Alhasil bentuk tubuhnya mengalami banyak perubahan. Setelah sebelumnya sempat tampak gemuk belakangan Jet Li justru terlihat kurus dan tua. Penyakit ini pula yang diduga jadi salah satu penyebab kenapa Jet Li yang baru berusia 60 tahun terlihat layaknya kakek berumur 80 tahun.

5. Perjalanan karier

Profil Jet Li. (Instagram/jetli)

Jet Li telah membintangi puluhan judul film sejak debut pada tahun 1982 silam. Debutnya adalah lewat film Shaolin Temple yang sangat populer hingga punya 3 seri. Namun, namanya melejit hingga mancanegara berkat perannya yang ikonik sebagai Wong Fei Hung dalam Once Upon A Time in China.

Ada banyak sekali film Jet Li yang populer dan masih kerap ditayangkan ulang seperti First of Legend, Fong Sai Yuk, hingga Forbidden Kingdom. Sayangnya kini ia sudah tidak seaktif dan seproduktif dulu. Salah satu karya terbarunya adalah sebagai Kaisar Cina dalam film live action Mulan yang rilis pada 2020 lalu.

Itu tadi profil Jet Li, aktor legendaris yang dinilai tampak lebih tua dari usianya hingga bikin banyak penggemar patah hati. Semoga kondisi kesehatan Jet Li baik-baik saja, ya!

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More