Ade Wismoyo | MataMata.com
Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Matamata.com - Dunia perfilman dan series kini didominasi oleh platform tontonan berbayar Netflix. Tak hanya sebagai platform streaming, Netflix juga menawarkan serial dan film original berkualitas. Buktinya banyak serial produksi Netflix yang meraih penghargaan dunia yaitu Golden Globe Awards. 

Kualitas serial Netflix telah diakui secara luas oleh pecinta film tak terkecuali Indonesia. Nah, berikut adalah daftar rekomendasi serial Netflix pemenang Golden Globe Awards yang wajib banget ditonton.

1. BEEF

Baca Juga:
Gadis Kretek Masuk Daftar, Ini 9 Serial Netflix Romantis Sepanjang Tahun 2023

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Serial yang dibintangi oleh Steven Yeun dan Ali Wong mendapat 3 nominasi Golden Globe Awards tahun ini. BEEF berhasil memenangkan ketiga nominasi tersebut yaitu penghargaan untuk Aktor dan Aktris Terbaik Miniseri bagi Steven Yeun dan Ali Wong. BEEF juga membawa pulang penghargaan sebagai Miniseri Terbaik. 

Kisahnya tentang Danny Cho dan Amy Lau yang terlibat adu mulut hingga menyingkap rahasia dan hasrat gelap dalam diri mereka. Padahal keduanya ada orang asing yang tidak saling mengenal. 

2. Ozark (2017-2022)

Baca Juga:
8 Adu Peran Pemain Drama Daily Dose of Sunshine, Serial Netflix Baru Park Bo Young dan Yeon Woo Jin

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Serial keluarga Byrde ini tayang pada 2017-2023 dan berhasil meraih penghargaan Golden Globe 2023. Penghargaan itu diraih oleh Julia Garner untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik.

Kisahnya tentang pasangan Marty dan Wendy Byrde yang terlibat dengan kartel narkoba dan membuat mereka melakukan pencucian uang. Ozarks, Missouri menjadi saksi saat keduanya berjuang melindungi keluarga sembari melakukan pencucian uang yang penuh resiko.

3. Dahmer-Monster: The Jeffrey Dahmer Story (2022)

Baca Juga:
8 Adu Peran Pemain Drama Doona! Serial Netflix Romantis Bae Suzy dan Yang Se Jong

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Usung genre kriminal, Dahmer-Monster: The Jeffrey Dahmer Story berkisah tentang kejahatan dan kehidupan Jeffrey Dahmer, seorang pembunuh berantai di Amerika Serikat. Pada ajang Golden Globe Awards 2023, Evan Peters yang memainkan peran sebagai Dahmer sukses membawa pulang penghargaan sebagai Aktor Miniseri Terbaik.

4. Squid Game (2021)

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Drama Korea Squid Game sukses gemparkan dunia setelah rilis di Netflix. Squid Game sukses masuk nominasi Golden Globe Awards 2022 dan meraih penghargaan Aktor Pendukung Terbaik Serial yang dimenangkan oleh Oh Young Soo.

Baca Juga:
8 Adu Peran Pemain Drama Song of the Bandits, Serial Netflix Baru Kim Nam Gil dan Seohyun SNSD

Kisahnya adalah tentang permainan maut yang mempertaruhkan nyawa para pemainnya dengan imbalan uang. Drama ini menggambarkan tentang keserakahan, insting bertahan hidup, hingga perbedaan kelas sosial.

5. The Crown (2016-2023)

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Serial ini mengisahkan kehidupan Ratu Elizabeth II usai menikah pada 1947. Selama 6 musim, The Crown meraih 23 nominasi dan berhasil memboyong 8 penghargaan Golden Globe Awards. Penghargaan sebagai Serial Drama Terbaik diraih The Crown pada 2017 dan 2021. Claire Foy dan Olivia Colman, pemeran Ratu Elizabeth dinobatkan jadi Aktris Serial-Drama Terbaik pada 2017 dan 2020. 

Lalu Emma Corrin, pemeran Putri Diana juga mendapat penghargaan sebagai Aktris Terbaik Serial-Drama tahun 2021. Kemudian Josh O'Connor meraih penghargaan Aktor Terbaik Serial-Drama pada 2021. Terakhir ada Gillian Anderson dan Elizabeth Debicki yang jadi Aktris Pendukung Terbaik pada 2021 dan 2024.

6. Master of None (2015-2021)

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Berkat aktingnya dalam serial komedi Master of None, Aziz Ansari memboyong penghargaan Golden Globe Awards 2018 sebagai Aktor Terbaik Serial-Musikal/Komedi. Aziz Ansari berperan sebagai Dev yang sedang mencari arti hidup ketika berkarier di New York. 

7. The Queen's Gambit (2020)

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Serial yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Walter Tevis sukses memboyong dua piala dalam ajang Golden Globe Awards 2021. Dua penghargaan itu adalah sebagai Miniseri Terbaik dan Aktris terbaik Miniseri.

Kisahnya tentang Beth Harmon diperankan Anya Taylor-Joy, seorang yatim piatu yang jago catur dan berambisi jadi master catur dunia.

8. Bodyguard (2018)

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Peran Richard Madden sebagai seorang veteran perang bernama David Budd mengantarnya membawa pulang penghargaan Golden Globe Awards 2019 sebagai Aktor Terbaik Serial-Drama.

Kisahnya tentang David yang kini bekerja sebagai pengawal pribadi seorang politisi. Sebagai veteran perang, David kembali menghadapi ancaman serius dari teroris hingga konspirasi politik. 

9. The Kominsky Method (2018-2021)

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Penghargaan sebagai Serial Terbaik-Musikal/Komedi diraih The Kominsky Method dalam ajang Golden Globe Awards 2019. Serial tentang kehidupan Sandy Kominsky, diperankan Michael Douglas menggambarkan tentang persahabatan dan realitas yang dihadapi oleh lansia. Michael Douglas pun berhasil memenangkan penghargaan untuk Aktor Terbaik Serial-Musikal/Komedi.

10. House of Cards (2013—2018)

Serial Netflix Pemenang Golden Globe. (Netflix)

Angkat isu politik yang penuh intrik, House of Cards berhasil membawa sejumlah piala dalam ajang Golden Globe Awards. Penghargaan pertama diraih oleh Robin Wright pada 2014 sebagai Aktris Terbaik Serial-Drama. Lalu pada 2015, Kevin Spacey akhirnya menang dan didapuk jadi Aktor Terbaik Serial-Drama.

Kisahnya tentang Frank Underwood dan istrinya Claire Underwood. Frank adalah politisi licik yang menghalalkan segala cara untuk meraih kekuasaan.

Dari sepuluh daftar serial Netflix pemenang Golden Globe di atas, mana yang kamu ikuti kisahnya sampai tuntas?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More