Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
MV Via Vallen dituding jiplak MV IU. (YouTube)

Matamata.com - Pada Sabtu (24/10/2020), pencipta lagu Kasih Dengarkanlah Aku yang dinyanyikan Via Vallen, Yuda Dadali mengutarakan kekecewaannya di Instagram. Dia menganggap netizen Indonesia tak menghargai produk lokal dan lebih mencintai produk luar negeri.

Dia mengungkapkan hal tersebut di YouTube usai lagu yang dinyanyikan Via Vallen dan Dyrga Dadali itu dihapus dari YouTube setelah satu hari rilis karena dugaan plagiat. "Akhirnya video klip trending di takedown gua bingung mereka begitu militan bela artis luar negeri, miris banget, sedih, campur aduk, sudah mau tahun 2021 masih aja cinta produk luar," tulis Yuda Dadali sebagai caption.

Unggahan Yuda Dadali [Instagram/@yudadadali]

Yuda menilai banyak netizen yang tak mengerti bahasa Korea. Namun, netizen tetap membela video klip Above The Time milik IU dan memojokkan pihaknya. "Padahal gua yakin hanya segilintir aja yang ngerti bahasanya," ucapnya.

Yuda Dadali berharap daripada membela mati-matian karya luar negeri, netizen dapat mencintai produk lokal.  "Semoga mereka cepat pintar dan kembali mencintai produk lokal #anakbaukencur #militan #micin #so #pintar," sambungnya.

Netizen langsung menyoroti unggahan yang diposting pada 24 Oktober 2020 itu. Banyak netizen tak setuju dengan pendapatnya dan membandingkan dengan Via Vallen.

Via Vallen jiplak video klip IU (YouTube.com)

"Via Vallen yang lebih terkenal aja minta maaf, karena memang posisi kalian salah. Situ musisi harus tau hukum dan pasal tentang musik dan copyright," komentar @izulllubiez.

"Ini bukan soal lokal atau luar. Anda minta didukung? Benahi dulu jangan plagiat.! Sory ya saya hanya mendukung musisi Indonesia yang berkualitas punya karya yang original. Gak pantes kalo pencuri didukung.!!," timpal @istinauroh.

"Yang dipermasalahkan video klipnya toh mas. Selera musik mah setiap orang berbeda. Toh kalau suka musik luar bukan berarti bodoh," sambung @juanmisael.27.

Load More