Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Iis Dahlia (Instagram/isdadahlia)

Matamata.com - Keluarga Iis Dahlia kembali merayakan Idulfitri tahun 2023 ini dengan keluarga lengkap. Meski belakangan memilih ngekos, Devano Danendra tetap merayakan Idulfitri bersama keluarga.

Namun kali ini bukan Devano Danendra yang menjadi sorotan. Adalah Salshadilla Juwita, anak pertama Iis Dahlia dari Dadang Indrajaya yang dicium ayah tirinya saat menjalani sungkem lebaran.

Iis Dahlia dan keluarga selama ini memang tak pernah berhenti mencuri perhatian publik. Yuk simak profil Iis Dahlia berikut ini.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Disumpahi Anak Durhaka, Iis Dahlia Sebut Devano Danendra Kualat Ambruk saat Manggung

Biodata Iis Dahlia

Profil Iis Dahlia (Instagram/isdadahlia)

Iis Dahlia merupakan nama panggung dari Iis Laeliyah yang lahir di Indramayu, Jawa Barat, pada 29 Mei 1972. Iis Dahlia dikenal sebagai penyanyi dangdut senior yang belakangan dipercaya jadi juri ajang pencarian bakat. Wanita yang juga berkarier sebagai aktris ini diketahui beragama Islam.

Perjalanan Karier Iis Dahlia

Baca Juga:
Profil Devano Danendra, Putra Iis Dahlia yang Pingsan di Atas Panggung

Profil Iis Dahlia (Instagram/isdadahlia)

Karier Iis Dahlia sebagai penyanyi dangdut telah dipupuk sejak duduk di bangku kelas 4 SD. Iis kemudian memutuskan mengenyam pendidikan di Bandung agar kariernya semakin cemerlang.

Namun perubahan terhadap kariernya baru mulai dirasakan Iis Dahlia ketika hijrah ke Jakarta. Kontrak pertamanya adalah menjadi penyanyi tetap di Ancol.

Sedangkan kontrak untuk rekaman album didapatkan Iis Dahlia setelah tampil di Wajah Baru TVRI. Dahlia menjadi nama belakang sekaligus nama panggung Iis Laeliyah dengan harapan namanya akan harum mewangi seperti bunga Dahlia.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Devano Danendra Malu Punya Ibu Iis Dahlia hingga Tinggalkan Rumah, Benarkah?

Nama Iis Dahlia mulai melambung saat album keduanya berjudul "Tamu Tak Diundang" dirilis. Kala itu, penjualan album tersebut mencapai satu juta kopi dalam beberapa bulan hingga Iis Dahlia mendapat penghargaan dari MURI.

Iis Dahlia pertama kali menerima penghargaan di HDX Award, saat usianya baru 18 tahun. Dengan penampilan kalem dan goyangan tidak seronok, Iis dianggap sebagai salah satu penyanyi yang menaikkan derajat musik dangdut.

Sejak 1991, Iis Dahlia mulai merambah dunia akting dengan main sinetron. Terakhir Iis berperan sebagai Bu Suk di film Terlalu Tampan (2019) garapan Visinema Pictures.

Kehidupan Pribadi Iis Dahlia

Profil Iis Dahlia (Instagram/isdadahlia)

Iis Dahlia merupakan ibu dari dua anak beda bapak. Pernikahan dengan duda berprofesi pengusaha, Dadang Indrajaya, melahirkan Salshadilla Juwita pada 14 Juni 1998.

Sedangkan Devano Danendra yang kini aktif berkarier sebagai penyanyi dan aktor adalah putra Iis Dahlia dan suami pilotnya, Satrio Dewandono. Devano lahir pada 23 September 2002.

Oleh sebab itu, momen Salshadilla Juwita dicium bibir oleh Satrio Dewandono saat sungkeman belakangan jadi perbincangan publik. Iis Dahlia sendiri belum menanggapi komentar netizen akan hal tersebut.

Itu dia sekilas profil Iis Dahlia yang keluarganya tak lepas mendapat sorotan. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More