Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Rita Sugiarto. (Instagram/ritsu1909)

Matamata.com - Lama tak terdengar kabarnya, Rita Sugiarto justru membawa kabar mengejutkan. Penyanyi dangdut yang populer dengan lagu Darah Muda ini dikabarkan meninggal dunia dan viral di media sosial. Rupanya kabar tersebut adalah berita hoaks yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Saat ini penyanyi yang dijuluki diva dangdut itu dalam kondisi sehat wal afiat sehingga berita kematiannya tidaklah benar. Menyusul kehebohan yang terjadi karena kabar bohong tadi, profil Rita Sugiarto banyak dibicarakan oleh netizen. Sosoknya sendiri bukanlah orang sembarangan.

Rita Sugiarto adalah pedangdut yang sudah puluhan tahun berkarier. Puluhan album juga sudah dirilisnya selama berkiprah sebagai penyanyi. Simak ulasan profil Rita Sugiarto yang terkena berita hoaks meninggal dunia berikut ini.

Baca Juga:
Rita Sugiarto Dikabarkan Meninggal Dunia, Benarkah?

Latar belakang Rita Sugiarto

Profil Rita Sugiarto. (Instagram/ritsu1909)

Rita Sugiarto lahir di Semarang pada 19 September 1960 dan dikenal sebagai dangdut senior. Bakat bernyanyi Rita Sugiarto sudah terlihat sejak kecil. Bahkan ketika duduk di bangku SD ia sudah banyak menjuarai festival musik pop di tingkat kotamadya Semarang hingga provinsi.

Jalan kariernya sebagai penyanyi profesional dimulai sejak usia belia. Rita Sugiarto hijrah ke Jakarta untuk mengejar karier di umurnya yang baru 13 tahun. Perjalanannya karier menjadi cukup mudah ketika ia bertemu dan mendapat tawaran duet dengan Rhoma Irama untuk lagu dan film. Sejak saat ini kariernya terus melambung dan tetap eksis sampai sekarang. Ia juga tidak melewatkan perkembangan zaman dengan membuat akun Instagram @ritsu1909. Meski tidak selalu memposting foto setiap hari tapi Rita Sugiarto cukup sering menyapa para penggemarnya lewat sosial media.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Kabar Duka Rita Sugiarto Meninggal Dunia, Benarkah?

Kehidupan pribadi

Profil Rita Sugiarto. (Instagram/ritsu1909)

Pada tahun 1981, Rita Sugiarto menikah dengan penyanyi dan aktor Jacky Zimah. Dari pernikahannya tersebut, Rita Sugiarto dikaruniai dua orang anak laki-laki. Kedua putranya diberi nama Jerry Zimah dan Raffi Zimah. Sayang putra sulungnya, Jerry Zimah meninggal dunia secara mendadak pada tahun 2008 silam.

Pernikahan Rita Sugiarto sendiri harus berakhir dengan perceraian pada tahun 2000. Perceraian yang membawa luka dan kekecewaan itu kemudian menginspirasi Rita Sugiarto untuk menciptakan lagu. Beberapa lagu yang ditulis untuk menggambarkan perasaannya setelah bercerai antara lain Makan Hati, Serigala berbulu domba, dan Pacar Dunia Akhirat.

Baca Juga:
Lirik Lagu Bunga Pengantin - Rita Sugiarto yang Buat Ayu Ting Ting Menangis

Perjalanan karier

Profil Rita Sugiarto. (Instagram/ritsu1909)

Kiprah Rita Sugiarto sebagai penyanyi menemukan jalannya ketika bergabung dengan Soneta sejak tahun 1976 sampai 1981. Ketika masih menjadi bagian Soneta, setidaknya 20 album dirilisnya bersama dengan Rhoma Irama termasuk lagu hits Darah Muda, Begadang II, dan Gitar Tua. Rita Sugiarto juga beberapa kali bermain film dan bersama Rhoma Irama

Album terakhir Rita Sugiarto bersama dengan Rhoma Irama adalah Pemilu yang dirilis pada tahun 1981 silam. Setelah itu, Rita Sugiarto memutuskan untuk keluar dari Soneta dan berpisah jalan Rhoma Irama yang sudah membesarkan namanya. Pada tahun itu juga, Rita Sugiarto menikah dengan Jacky Zimah dan memulai kariernya bukan sebagai anggota Soneta.

Dirikan Orkes Melayu

Profil Rita Sugiarto. (Instagram/ritsu1909)

Setelah berpisah dari Soneta dan menikah, Rita Sugiarto bersama suaminya Jacky Zimah mendirikan Orkes Melayu Jackta Group. Single pertama yang mereka rilis adalah Jacky yang liriknya ditulis oleh Rita Sugiarto. Lagu yang menggambarkan rasa cinta Rita pada sang suami itu meledak di pasaran bahkan kasetnya terjual sampai 2 juta keping. Hal ini membuat lagu Jacky mencetak rekor sebagai album dangdut terlaris sepanjang masa.

Setelah 39 tahun lamanya tidak bernyanyi bersama, akhirnya pada tahun 2020 Rita Sugiarto dan Rhoma Irama kembali berduet. Mereka membawakan lagu berjudul Tulus Hati Luhur Budi. Kiprah Rita sebagai pedangdut tetap stabil meski puluhan artis muda bermunculan kariernya tidak pernah redup.

Tetap eksis selama puluhan tahun

Profil Rita Sugiarto. (Instagram/ritsu1909)

Kunci langgengnya karier Rita Sugiarto di panggung musik dangdut adalah karena kualitas vokal yang dimilikinya. Rita Sugiarto menjual suara merdu dan lagu-lagu bagus. Sekalipun tanpa goyangan, Rita Sugiarto mampu mempertahankan namanya tetap bersinar. Sikapnya yang humble dan low profile membuat sosoknya banyak dikagumi. Kini ia tak hanya masih aktif bernyanyi tapi dipercaya menjadi juri di berbagai ajang kontes dangdut. Meski usianya sudah 62 tahun tapi tubuhnya masih bugar dan wajahnya juga tetap cantik memesona.

Itu tadi profil Rita Sugiarto yang terkena berita hoaks meninggal dunia. Padahal saat ini Rita Sugiarto dalam keadaan sehat dan bugar.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More