Reza Rahadian di Konferensi Pers FFI secara virtual, Kamis (15/7/2021) (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Pada 10 November 2021 nanti, Festival Film Indonesia (FFI) ke-41 siap digelar. Di ajang bergengsi tersebut, sejumlah film dari bioskop maupun layanan OTT yang tayang selama setahun bisa berpartisipasi. 

Ini menjadi kali kedua FFI digelar di tengah pandemi virus corona. Meski begitu, pihak panitia berkomitmen untuk menyelenggarakan acara tersebut sesuai dengan protokol kesehatan.

Malam Puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2016 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (6/11).

"Seperti tahun lalu, masih diselenggarakan dengan menjaga jarak sudah pasti, protokol kesehatan, dilakukannya testing. Kecuali nantinya ada situasi atau peraturan baru dari pemerintah, kami pasti akan menyesuaikan," kata Reza Rahadian, Ketua FFI saat jumpa pers virtual, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga:
Reza Rahadian Gantikan Lukman Sardi Sebagai Ketua FFI

FFI mengusung tema "Sejarah Film dan Media Baru" tahun ini. Sebagai cermin dari hal tersebut, penyelenggaraannya dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Ini sebagai momentum untuk mengusulkan dan ikut mendorong serta dukungan penuh bagi bagi Almarhum Usman Ismail, Bapak Film Indonesia menjadi Pahlawan Nasional," kata aktor 34 tahun itu.

Aktor Reza Rahadian saat kunjungan di kantor Redaksi Suara.com, Jakarta, Jumat (15/3). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Selain itu, ada pula empat kategori baru di mana tiga di antaranya bisa dipilih langsung oleh masyarakat di media sosial. Kategori tersebut adalah Film Favorit, Aktor Favorit serta Aktris Favorit. Sementara satu nominasi lainnya adalah Kritik Film.

Baca Juga:
Foto Masa Muda Parto Patrio Disorot: Mirip Reza Rahadian

"Kami menyadari perjalanan film tidak akan dipisahkan dari penonton. Untuk itu mereka bisa memiliki akses, siapa yang dipilih untuk film, aktor, dan aktris terfavorit," kata sutradara Garin Nugroho sekaligus Ketua Bidang Penjurian FFI.

Reza Rahadian di Konferensi Pers FFI secara virtual, Kamis (15/7/2021) (MataMata.com/Rena Pangesti)

Sebagai tahap permulaan, para insan perfilman bisa mendaftarkan karyanya sejak 15 Juli hingga 30 Agustus 2021. Seleksi penjurian akan berlangsung pada 30 Agustus sampai 25 Oktober.

Sementara di sela penjurian, FFI akan mengumumkan sejumlah nominasi pada 10 Oktober 2021. "Komite FFI tahun ini membangun tiga hal penting dalam proses penjurian. Dimulai dari peran asosiasi profesi perfilman, keterlibatan aktif masyarakat serta sistem dewan juri," imbuh Garin Nugroho.

Baca Juga:
5 Potret Ganteng Adik Reza Rahadian Berparas Bule, Idaman Wanita Nih!

Garin Nugroho [Ismail/Suara.com]

Bahwa ajang penghargaan FFI bisa memberikan apresiasi serta semangat kepada insan perfilman untuk terus berkarya adalah harapan Reza Rahadian.

"Semoga kehadiran FFI bisa memberikan dukungan kepada insan film yang tentunya sampai saat ini masih terus berjuang di tengah pandemi," imbuh bintang film Benyamin Biang Kerok ini. 

Baca Juga:
Cerita Reza Rahadian Mualaf, Citra Anidya dan Chef Juna Beneran Nikah?

Load More