Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi mahasiswa. (pexels.com)

Matamata.com - Pemilihan jurusan kuliah merupakan proses yang krusial bagi para calon mahasiswa karena dapat berpengaruh besar terhadap masa depan dan kariernya. Jika seorang mahasiswa mempelajari jurusan yang kurang diminati, maka hal ini dapat berakibat pada turunnya semangat belajar saat kuliah, lulus tidak tepat waktu, hingga mendorong mahasiswa untuk menyerah di tengah jalan.

Hanya saja, menurut  Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), Irene Guntur, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia merasa salah jurusan.

Lantas, apa saja sebenarnya hal-hal yang membuat seseorang salah memilih jurusan? Berikut beberapa kesalahan umum yang menyebabkan siswa salah pilih jurusan.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Law School, Drama Baru Kim Bum Jadi Mahasiswa Hukum

1. Mengikuti teman

Banyak pelajar yang memilih jurusan supaya bisa mengikuti teman-teman mereka, meskipun belum tentu jurusan yang dipilih sesuai dengan minatnya.

2. Mengikuti keinginan orang tua

Baca Juga:
5 Drama Korea Tayang di Bulan April, Kim Bum Jadi Mahasiswa Hukum

Beberapa siswa mempelajari jurusan yang tidak mereka sukai karena menuruti pertimbangan orang tua, meskipun ia sendiri kurang minat pada jurusan tersebut.

3. Kurang melakukan riset

Sebelum memutuskan untuk memilih suatu jurusan, sebaiknya lebih dulu mencari info tentang jurusan tersebut, seperti mata kuliah apa saja yang akan ditempuh hingga prospek karir dari jurusan tersebut. Dengan demikian, siswa bisa mengukur kemampuan diri sendiri apakah cocok untuk menempuh pendidikan di jurusan tersebut.

Baca Juga:
5 Gaya Najwa Shihab Pakai Outfit ala Mahasiswa, Gaul Abis

4. Memilih jurusan yang favorit

Terkadang siswa terpengaruh gengsi dan memilih jurusan di perguruan tinggi yang kelihatannya mengagumkan atau banyak peminatnya. Mereka tidak memikirkan dampak jangka panjangnya, yaitu mengalami kesukaran saat mengikuti perkuliahan.

5. Kurang mengenali minat dan kemampuan diri sendiri

Sebelum memilih jurusan, sebaiknya calon mahasiswa benar-benar mengenali minat dan kemampuannya sendiri, agar bisa memilih pendidikan yang sesuai.

Tes Minat dan Kemampuan

Untuk menghindari poin 4 dan 5 dalam kesalahan memilih jurusan, para calon mahasiswa yang belum memiliki pilihan pada jurusan tertentu disarankan untuk melakukan tes minat dan kemampuan. Tes Minat dan Kemampuan di Ruangguru misalnya, dapat membantu siswa menggali potensi diri dan membantu dalam memilih jurusan yang tepat.

Ruangguru memiliki fitur Tes Minat dan Kemampuan dengan pendekatan psikologi yang dapat membantu mengenali potensi. Tes Minat dan Kemampuan merupakan seperangkat alat tes yang digunakan untuk mengukur kecocokan antara kesukaan dan kemampuan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jurusan kuliah yang hendak diambil.

Pada Tes Minat dan Kemampuan terdapat 2 tes tersedia, yaitu Tes Minat Kemampuan Umum dan Tes Minat Kemampuan Sekolah Mitra. Tes Minat dan Kemampuan ini juga dapat diakses melalui web tes.ruangguru.com.

Hasil tes minat dan kemampuan adalah jurusan-jurusan sesuai minat siswa yang ditunjang oleh kemampuan yang siswa miliki. Tes Minat dan Kemampuan dapat diikuti melalui aplikasi ruangguru atau website tes.ruangguru.com.

Load More