Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa Agar Diberikan Kesehatan. (pexels.com)

Matamata.com - Kesehatan adalah doa paling sering dan paling utama yang dipanjatkan banyak orang dalam kehidupannya. Hal ini karena nikmat paling besar adalah nikmat sehat.

Sehat bukan hanya sehat fisik semata namun juga sehat secara mental agar selalu merasa bahagia dan cukup dalam menjalani kehidupan.

Doa agar diberi kesehatan juga bukan untuk diri sendiri saja, tetapi juga untuk pasangan, anak, orangtua dan keluarga besar.

Baca Juga:
Doa Untuk Pengantin Baru Agar Sakinnah, Mawaddah, dan Warrohmah

Berikut adalah doa agar diberi kesehatan yang bisa diamalkan sehari-hari, terutama setelah menjalankan salat lima waktu.

1. Doa agar diberi kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga

"Allaahumma innii as-alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii".

Baca Juga:
Doa untuk Orang yang Memberi Makan atau Minum

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu sehal wal ‘afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiyat pada agamaku, dan duniaku, dan keluargaku, dan harta bendaku".

2. Doa agar diberi nikmat sehat

"Allahumma inni auudzubika min zawaali ni'matik wa tahawwuliáafiyatik wa fuhaaáti niqmatik wa jamiií sakhotik".

Baca Juga:
Doa Cepat Dapat Pekerjaan, Agar Diberi Rezeki Halal

Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu.” (HR. Muslim no. 2739)

3. Doa agar diberi kesehatan jasmani

"Allahumma aafinii fii badanii Allahumma 'aafiinii fi sam'ii Allahumma 'aafinii fii basharii."

Artinya:
“Ya Allah, sehatkanlah badanku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

4. Doa agar diberi kesehatan dan panjang umur

"Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a'maalanaa, wa wassi' arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa 'anisy-syarri ab'idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka 'alaa kulli syai-in qodiir."

Artinya :
“Ya Allah, berilah umur yang panjang kepada kami, berilah sehat pada tubuh kami, terangilah hati kami, mantapkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam persoalan agama, dunia, serta akhirat. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa agar diberi kesehatan dan perlindungan Allah

"Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu'aafaatad daa'imata fiid dunyaa wal 'aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari."

Artinya :
"Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka."

6. Doa agar diberi kesehatan dan terbebas dari penyakit

"Allaahumma-ghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa'aafinii, warzuqnii."

Artinya:
Ya Allah, ampunilah saya, kasihanilah saya, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah saya (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku." (HR. Muslim)

7. Doa agar diberi kesembuhan dan terhidar penyakit

"Allahuma rabba-nnasi mudzhibal baasisydi 'antaasya fii laa sy fiya illa anta syifaa 'an laa yufa'a."

Artinya:
"Ya Allah, Pemelihara Manusia! Hapus penyakitnya, sembuhkan penyakitnya. Kaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Beri kami obat yang tidak meninggalkan penyakit."

Itu dia beberapa doa agar diberi kesehatan yang bisa diamalkan sehari-hari.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More