Baktora | MataMata.com
Prabowo Subianto saat mengunjungi Posko Erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. (Instagram/@prabowo)

Matamata.com - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto sempat dikritik terhadap kedatangannya ke wilayah terdampak Erupsi Gunung Marapi, Sumatra Barat, Sabtu (9/12/2023). Ia hadir dengan helikopter yang dituding sembari melakukan kampanye.

Prabowo Subianto, memang datang ke lokasi bencana alam tersebut menggunakan helikopter milik TNI. Prabowo tak lepas dari kritikan sejumlah pengguna media sosial karena dianggap aji mumpung.

Menanggapi rumor tersebut, Komandan Bravo TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono mengatakan bahwa Prabowo Subianto memiliki hak untuk menggunakan fasilitas tersebut.

"Kan Pak Prabowo sebagai Menhan, lalu berkunjung ke Posko Erupsi Merapi. Jadi wajar kalau menggunakan helikopter milik TNI, kan fasilitas untuk Menhan," ujar Budisatrio, dikutip Senin (11/12/2023).

Ia juga menegaskan, Prabowo dalam kunjungannya ke wilayah terdampak Erupsi Marapi bukan kampanye. Atributnya sebagai capres tidak digunakan ketika menemui keluarga korban erupsi Marapi.

"Ada Bupati Agam, Bupati Tanah Datar, Wali Kota Bukittinggi, Dandim Agam, Dandim Tanah Datar, Danrem, Wakapolda Sumbar termasuk Kapolresta Bukittinggi. Jadi clear kalau kunjungannya ke Posko Erupsi Marapi sebagai Menhan bukan kampanye," terang Budisatrio.

Memang dalam agenda ke Sumatera Barat, Prabowo dijadwalkan berkampanye. Meski begitu, Budisatrio mengklaim bahwa Ketum Gerindra ini melakukan kampanye usai kunjungan ke Posko Erupsi Marapi.

"Jadi Pak Prabowo melepas atribut Menhan, termasuk pin Menteri Pertahanan dan juga mobil bukan pelat dinas sampai di Padang," kata dia.

Load More