Riki Chandra | MataMata.com
Capres nomor urut 01 Anies Baswedan (kanan) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. [Dok.Antara]

Matamata.com - Petinggi Partai Gerindra lagi-lagi mengungkit cerita kemenangan Capres 01, Anies Baswedan, saat Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Menurutnya, ada ribuan kader partai besutan Prabowo Subianto mengantar Anies ke kursi Gubernur DKI Jakarta.

"Saya menurunkan waktu itu kurang lebih 2.300 kader dari seluruh Indonesia untuk memenangkan Anies," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani, Jumat (15/12/2023).

Muzani menyebutkan itu untuk menjawab pertanyaan awak media soal utang budi Anies Baswedan kepada Partai Gerindra saat terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta.

Menurut Muzani, ribuan kader Partai Gerindra rela turun ke jalan untuk mencari dukungan agar Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia pun mengaku ikut campur tangan dalam upaya memenangkan Anies Baswedan tersebut.

"Saksi datang ke TPS-TPS (tempat pemungutan suara), RT-RT di Jakarta, tidur di emperan di RT-RT, tidur di masjid, tidur di musala, tidur di tempat-tempat majelis taklim, untuk memenangkan Pak Anies," kata Muzani.

Saat ditanya apakah Partai Gerindra merasa Anies memiliki utang budi terhadap partai tersebut, Muzani enggan menjawab.

Sebelumnya, dalam debat pertama capres Pemilu 2024, Selasa (12/12/2023), Prabowo menilai pendapat Anies soal menurunnya demokrasi di Indonesia terlalu berlebihan.

Menurut Prabowo, justru Anies, yang diusung Partai Gerindra, bisa terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta adalah hasil dari proses demokrasi.

Load More