Baktora | MataMata.com
Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md kenakan pakaian adat Madura jelang Debat Cawapres, Jumat (21/12/2023). [ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat]

Matamata.com - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menarik perhatian dalam debat cawapres yang dihelat di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Datang dengan kepercayaan diri, Menkopolhukam tersebut mengenakan baju adat khas Madura.

Tak seperti debat perdana capres kemarin yang menggunakan pakaian hitam putih, Mahfud MD memilih pakaian berwarna-warni seperti yang disarankan anak Ganjar Pranowo, Alam Ganjar.

Uniknya pakaian berwarna yang dipilih Mahfud adalah baju adat Madura. Namun ada makna besar di balik baju yang lebih dikenal dengan Pesa'an tersebut.

Pakaian Pesa'an identik dengan pakaian bercorak putih merah. Biasanya dipadukan dengan pakaian lengan panjang.

Tak dipungkiri, pakaian Pesa'an digunakan penjual sate khas Madura yang diyakini kenikmatan rasanya. Meski begitu, maksa di balik pakaian tersebut cukup menarik.

Pakaian Pesa'an biasa berukuran lebar dan longgar. Longgarnya pakaian itu bukan tanpa alasan. Pasalnya longgar perwujudan dari masyarakat Madura yang menghargai kebebasan.

Sementara kaus atau pakain bercorak putih-merah menggambarkan mental seorang pejuang, pemberani dan tegas.

Mahfud MD pun menjelaskan dirinya memilih menggunakan pakaian Pesa'an ini karena yang ia gunakan adalah baju rakyat.

Load More