Baktora | MataMata.com
Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menunjukkan love kepada audiens. (Instagram/@prabowo)

Matamata.com - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka masih jadi sorotan setelah performa debatnya yang dianggap dominan dari dua kandidat lain saat debat cawapres pekan kemarin.

Gibran Rakabuming Raka memang cukup menguasai panggung saat berdebat, Jumat (22/12/2023). Meski begitu, tak sedikit yang memberikan kritik bahwa gaya debat Wali Kota Solo tersebut seperti seorang mahasiswa bukan sesosok pemimpin, salat satunya pelontaran singkatan SGIE juga dianggap sebagai jebakan untuk cawapres nomor urut 1.

Lalu, apakah memang cara Gibran berdebat malam itu mampu menaikkan elektabilitasnya?. Apakah anak muda juga yakin untuk memilih paslon nomor urut 2 setelah debat tersebut didominasi oleh sosok pemimpin muda?.

Membahas naik tidaknya elektabilitas serta kepastian pemilih muda untuk menjatuhkan pilihan ke Prabowo-Gibran memang tak bisa akurat 100 persen. Pasalnya masih ada kemungkinan paslon lain yang mampu menarik minat anak muda untuk memilih mereka.

Sosok Gibran yang diyakini sebagai pemimpin muda memang bisa jadi representasi pertanyaan gen z dan generasi milenial yang menginginkan pemimpin dari kalangan anak muda. Meski begitu, Gibran tak melulu menjadi sosok yang akan mereka pilih.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Pro Rakabuming Raka (Praka) Osco Olfriady meyakini bahwa sosok Gibran kuat akan menjadi pilihan masyarakat. Bahkan ia memprediksi elektabilitas cawapres tersebut akan meningkat.

"Kalau prediksi kita tepat sekali, prediksi kita akurat, karena saat debat cawapres penampilan Mas Gibran juga sangat baik," kata Osco dikutip, Selasa (26/12/2023).

Ia juga tak menampik, bahwa Gibran merupakan pemimpin muda yang sempat diragukan untuk bertarung di Pilpres tahun depan. Namun performanya di debat cawapres justru di luar ekspektasinya.

Load More