Baktora | MataMata.com
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Instagram/@anies.cakimin)

Matamata.com - Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan paslon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berada di posisi buncit dari tiga kandidat lain pada 24 Desember 2023.

Tidak hanya posisinya saja yang mengkhawatirkan, angka yang diperoleh AMIN sendiri juga turun signifikan dari 23 persen menjadi 21 persen.

Lantas apa penyebab elektabilitasnya turun, padahal AMIN sempat mengungguli Ganjar-Mahfud pada survei November 2023?. Apakah karena debat cawapres yang terjadi kemarin ikut mempengaruhi?.

Turun tidaknya elektabilitas para kandidat capres-cawapres memang tak bisa dipastikan melalui survei. Mengingat survei sendiri adalah cara alternatif untuk memberi gambaran kondisi suatu hal dengan data yang terkumpul dari responden.

Artinya hasil survei tak bisa akurat menyusul heterogennya responden, termasuk kondisi psikis mereka saat mengikuti survei.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyebutkan bahwa pada debat baik capres dan cawapres, terlihat ada sosok yang diunggulkan.

Seperti debat capres misalnya, Burhanuddin tak menampik bahwa Anies cukup unggul dibanding, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"Anies overall dianggap sebagai pemenang debat capres kemarin," terang Burhanuddin dikutip, Kamis (28/12/2023).

Load More