Riki Chandra | MataMata.com
Kolase Capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. [Dok.Antara]

Matamata.com - Calon presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan tidak bersalaman dengan Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, usai menjalani debat ketiga Pilpres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Anies Baswedan mengatakan, ia tidak bersalaman dengan Prabowo karena tidak menemukan keberadaan Ketum Gerindra tersebut usai gelaran debat.

Anies mengaku sudah mencari pasangan Cawapres Gibran Rakabuming Raka itu. “Terakhir sesudah selesai, saya mencari tapi sudah tidak ada,” kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah berniat untuk bersalaman dengan Prabowo. Namun, ia mengaku tak tahu harus ke mana karena tidak melihat keberadaan Prabowo.

“Jadi tidak tahu ke mana harus salaman,” katanya.

Sementara itu, Prabowo Subianto mengatakan bahwa ia tidak bersalaman karena Anies karena Capres nomor urut 1 itu tidak menghampiri dirinya selepas acara debat.

“Lho dia ngak datang ke saya. Saya lebih tua dari dia. Saya lebih senior dari dia,” kata Prabowo.

Usai acara debat, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menghampiri Prabowo dan keduanya bersalaman. Selepas itu, Prabowo berbalik dan langsung turun dari panggung debat, sementara Ganjar lanjut bersalaman dengan Anies.

Debat ketiga Pilpres 2024, yang merupakan kelanjutan debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, mengangkat isu-isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Dalam sesi debat, masing-masing capres menyampaikan visi, misi, dan pandangannya soal isu-isu pertahanan, keamanan, dan geopolitik. Ganjar dan Anies juga memanfaatkan debat ketiga itu untuk mengkritik kebijakan pertahanan Prabowo Subianto, mengingat saat ini dia menjabat sebagai menteri pertahanan RI.

Load More