Baktora | MataMata.com
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar saat memberi paparan saat debat cawapres di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024). (Instagram/@cakiminow)

Matamata.com - Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kerap melontarkan kata etika lingkungan dalam debat keempat yang dihelat di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024).

Cak Imin menegaskan bahwa dalam kehidupan manusia, memiliki moral yang harus diintegrasikan terhadap alam di mana manusia hidup. Lantas apa arti dari etika lingkungan ini?.

Seperti diketahui dalam debat cawapres kedua atau jadwal debat keempat yang dihelat di JCC, Senayan kemarin banyak membahas soal lingkungan dan energi.

Muhaimin Iskandar yang menjadi cawapres pertama memaparkan visi misi, banyak mengingatkan ada etika dan moral yang harus diselaraskan manusia terhadap lingkungannya.

Tercatat ada enam kali kata tersebut dilontarkan Ketum PKB itu selama debat berlangsung. Bahkan Cak Imin kerap mengulang-ulang dalam tiap segmen, termasuk penutup pernyataan di akhir debat.

Membahas etika lingkungan sendiri sebenarnya sudah dicetuskan oleh Kemdikbud di laman resminya. Dalam beberapa paparan disebutkan bahwa etika lingkungan beririsan juga dengan moral manusia, termasuk tanggungjawab mereka dalam memanfaatkan sumber daya alam (SDA).

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mencatat pertanyaan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024). (YouTube/KPU RI)

"Dapat juga diartikan sebagai dasar moralitas yang memberi pedoman untuk individu termasuk masyarakat dalam menyikapi serta berperilaku yang berkaitan dengan lingkungan, dalam mendukung kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi," tulisnya dikutip, Senin (22/1/2024).

Load More