Baktora | MataMata.com
Kandidat cawapres, Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka saat adu argumen dalam debat cawapres di JCC, Senayan, Minggu (21/1/2024). (YouTube/ KPU RI)

Matamata.com - Debat keempat yang diikuti tiga kandidat cawapres di JCC, Senayan Minggu (21/1/2024) terlihat cukup sengit baik antara paslon nomor urut 2, 3 dan 1.

Bahkan, debat sedikit memanas ketika paslon nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka kembali melontarkan pertanyaan dengan istilah yang jarang diketahui publik ketika membahas greenflation atau inflasi hijau kepada Mahfud MD.

Gibran pun sempat menunjukkan gimik kebingungan dan menyebut sedang mencari jawaban dari Mahfud MD terhadap pertanyaan greenflation.

Bagi Mahfud, pertanyaan tersebut sebenarnya hanya sebagian dari strategi gimik yang dilakukan Gibran.

"Dalam konteks pertanyaan yang dianggap sepele itu, sebenarnya hanya bagian dari upaya gimik saja," ujar Mahfud dikutip Senin (22/1/2024).

Mahfud menilai bahwa Gibran melontarkan pertanyaan yang bersifat taktis, walaupun sebenarnya dia telah memberikan jawaban yang singkat terhadap pertanyaan tersebut.

"Saya sudah menyampaikan jawaban, namun saya kembali menekankan bahwa hal ini lebih ke bagian dari taktik debat semata. Debat semacam ini, menurut saya, hanya bagian dari strategi gimik," jelasnya.

Ketika diminta tanggapan mengenai komitmen Mahfud terkait greenflation, Mahfud menyatakan bahwa dia sebenarnya bersedia memberikan jawaban yang benar terhadap pertanyaan tersebut. Namun, Mahfud berpendapat bahwa Gibran kurang memahami konsep greenflation, sebab pertanyaannya tidak sesuai dengan harapan Mahfud.

Load More