Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia. (Instagram/@lavanyasivaji)

Matamata.com - Usai diserbu netizen Indonesia gegara batik, Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021 akhirnya memberikan pernyataan. Diketahui perempuan yang akan bertolak menuju Miss World 2021 itu diprotes usai mengklaim batik berasal dari negaranya, Malaysia.

Lewat keterangannya itu, Lavanya Sivaji meminta maaf kepada orang-orang yang tersinggung dan sakit hati atas postingannya beberapa waktu lalu. Ia akhirnya mengakui bahwa batik berasal dari daerah di Indonesia dan bukan dari negaranya.

"Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Aku berharap kalian dalam keadaan sehat. Pertama-tama, aku ingin meminta maaf jika telah menyinggung siapa pun atas unggahan ini," tulis Lavanya Sivaji di Instagram, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga:
Miss World Malaysia Klaim Batik Berasal dari Negaranya, Netizen Ngamuk!

Pernyataan maaf dari Lavanya Sivaji usai klaim batik berasal dari Malaysia [Instagram/@lavanyasivaji]

"Aku mengakui kata batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," imbuh sang puteri kecantikan tersebut.

Klaimnya bahwa batik berasal dari Malaysia dikarenakan ia mengetahui bahwa ada pula beberapa negara yang mengembangkan desain batik.

"Tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut seperti Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing," terang Lavanya Sivaji.

Baca Juga:
Rossa Ucapkan Selamat untuk Hari Kemerdekaan Malaysia

Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021 [Instagram/@lavanyasivaji]

Terlepas dari kehebohan protes tersebut, Lavanya Sivaji mengaku menjadi salah satu orang yang mencintai batik. Baik itu produk Indonesia, maupun yang juga ada di Malaysia.

"Setiap kali aku mengenakan batik, aku merasa ada kekuatan perempuan sejati. Kita adalah penyembuh, kita adalah ibu," tuturnya.

Lavanya Sivaji tak lupa berterima kasih kepada orang-orang yang telah memgingatkan pengetahuan budaya, terutama soal batik di akhir pernyataannya.  "Terima kasih karena anda telah mengingatkan saya untuk menghormati akar, budaya dan tradisi kita," ucap Lavanya Sivaji.

Baca Juga:
Ashanty Antusias Mau ke Malaysia: Ayo Ketemu Besan!

Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021 mengklaim batik berasal dari Malaysia [Instagram/@insta.nyinyir]

Sebagai informasi, kehebohan soal Lavanya Sivaji mencuat sejak Rabu (20/10/2021). Pemenang kontes kecantikan di Malaysia itu mengatakan batik berasal dari negaranya.

"Bagi saya kain batik melambangkan keanekaragaman di antara orang Malaysia, denga berbagai warna, cetakan dan desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 buatan kain batik Malaysia," tulisnya.

Padahal, UNESCO telah menetapkan batik merupakan warisan budaya Indonesia sejak 2 Oktober 2009.

Baca Juga:
Penyanyi Malaysia Meninggal, Amanda Manopo Panggil Sayang ke Evan Sanders

Load More