Yohanes Endra | MataMata.com
Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Matamata.com - Zumi Zola dinyatakan bebas bersyarat pada Selasa (6/9/2022). Selanjutnya Zumi Zola masih wajib lapor kepada Bapas Bandung.

Sebagai informasi, Zumi Zola divonis 6 tahun penjara pada 6 Desember 2018 terkait kasus gratifikasi. Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Zumi Zola kepada Mahkamah Agung pun ditolak pada 13 Mei 2022. Namun menurut Elly Yuzar selaku Kalapas Sukamiskin, Zumi Zola dibebaskan bersyarat karena memenuhi hak sesuai Undang-Undang.

Sebelum terjun ke dunia politik dan terakhir menjabat sebagai Gubernur Jambi, Zumi Zola merupakan salah satu aktor kenamaan Tanah Air. Selain gratifikasi, simak berbagai kontroversi Zumi Zola berikut ini.

Baca Juga:
Cara Mantan Istri Zumi Zola Hemat Minyak Goreng Disorot: Kocak Banget!

1. Batalkan Pernikahan dengan Ayu Dewi

Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Pada 2011, Zumi Zola membatalkan rencana pernikahannya dengan Ayu Dewi hanya melalui SMS. Padahal undangan pernikahan Zumi Zola dan Ayu Dewi yang rencananya digelar pada Mei 2011 sudah disebar. Pasalnya Zumi Zola membatalkan pernikahan tepat sebulan sebelum hari H.

2. Berhubungan dengan Istri Orang

Baca Juga:
Lagi Langka, Cara Mantan Istri Zumi Zola Ngirit Minyak Goreng Curi Perhatian

Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Karma dibayar kontan! Seperti itulah komentar masyarakat saat mendengar kabar Zumi Zola berzina dengan istri orang pada 2012. Seorang pria bernama Bernaldi Kadir Djemat melaporkan Zumi Zola karena berzina dengan sang istri. Bernaldi mengetahui perselingkuhan tersebut sejak sang istri memperlihatkan gerak-gerik mencurigakan dengan ponselnya.

3. Marah-marah di Rumah Sakit

Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Zumi Zola menunjukkan kinerjanya di awal menjabat sebagai Gubernur Jambi dengan melakukan kunjungan ke instansi pelayanan masyarakat. Zumi Zola lantas marah besar ketika mendapati stok obat DBD kosong di apotek salah satu rumah sakit yang dikunjunginya.

Baca Juga:
Zumi Zola Tanggapi Soal Kabar Mantan Istri Jualan Kue

4. Marah-marah di Kantor Samsat

Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Zumi Zola juga pernah marah-marah di salah satu kantor Samsat Jambi karena mendapati kantor sepi sekitar pukul 8 pagi. Zumi Zola bahkan memergoki pegawai memungut pungli kepada masyarakat yang mengurus STNK. Karena aksi itu, Zumi Zola membuat 20 orang pegawai Samsat dipecat.

5. Sidak Pascalebaran

Baca Juga:
Zumi Zola Bawa-bawa Nama Ibu, Minta Keringanan Hukuman!

Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Di hari pertama kerja pascalebaran, Zumi Zola menyidak 3 instansi di Jambi. Zumi Zola lantas menemukan 64 karyawan tidak ada di kursinya tanpa keterangan absen yang jelas di Dinas Pekerjaan Umum. Alhasil, Zumi Zola kembali murka.

6. Marahi Petugas Rumah Sakit yang Tidur

Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Lagi-lagi di rumah sakit, Zumi Zola mengamuk karena petugas tertidur. Kemarahan Zumi Zola kala itu ramai diperbincangkan lantaran melakukan sidak pukul 2 dini hari di rumah sakit yang banyak diadukan karena pelayanan buruk. Zumi Zola mengaku kecewa karena rumah sakit tersebut tidak melakukan pembenahan sistem setelah terakhir kali ia mendapati stok obat DBD habis.

7. Diceraikan Istri

Kontroversi Zumi Zola (Instagram/gmpzo)

Saat mendekam di penjara karena kasus korupsi, Zumi Zola diceraikan sang istri, Sherrin Tharia. Kabar apabila Zumi Zola diceraikan karena faktor ekonomi telah dibantah sang pengacara. Menurut pengacara Zumi Zola, keduanya bercerai karena sang istri kurang perhatian dan sering cekcok.

Itu dia berbagai kontroversi Zumi Zola selain didakwa atas kasus gratifikasi. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More