Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Konser Dewa 19 di JIS (Instagram/ahmaddhaniofficial)

Matamata.com - Pro kontra tertuju pada konser Dewa 19  di Jakarta International Stadium (JIS) dengan jumlah penonton lebih dari 60 ribu pada 4 Februari 2023.

Setelah acara selesai, situasi di sekitar stadion disebut bencana oleh salah satu penonton gara-gara minimnya akses transportasi.

"Menyelenggarakan acara besar di JIS ini bencana besar. 75 ribu penonton bubaran dari stadion tanpa akses transportasi umum massal," ujar pemilik akun @adriansyahyasin di Twitter, Minggu (5/2/2023).

Baca Juga:
Simak Lirik Lagu Kangen - Dewa 19

Keluhan tersebut dibenarkan penonton lain. Ia sampai mengaku trauma kembali ke JIS karena masalah transportasi.

"Jujur, gue sering nonton konser. Cuma kali ini gue trauma banget nonton konser," tutur akun @poppingjellyy.

"Bukan karena acaranya ya, tapi karena lokasinya. Gue benar-benar sudah keluar dari jam 11 dan naik bus sampai jam 1. Akhirnya nyerah nyari ojol dan cancel berkali-kali. Yang ambil di Jakarta Pusat semua," sambungnya.

Baca Juga:
6 Fakta Konser Dewa 19 di JIS, Istri dan Anak Ahmad Dhani Jadi Penampil Spesial

Ada juga penonton yang membahas minimnya akses keluar stadion hingga menimbulkan penumpukan massa dan kendaraan.

"Mengalami sendiri tadi jalan kaki melalui rute ini. Tidak jauh, tapi pada kenyataannya tadi pukul 00.30 perlu waktu lebih dari 30 menit. Harus berjuang menembus motor dan mobil yang stuck," ucap akun @puzzly sambil menunjukkan rute yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 17 menit.

"Habis nonton konser langsung pada bad mood, apalagi kalau habis nonton kompetisi. Bayangin tim tuan rumah kalah, habis itu harus keluar umpel-umpelan kayak gitu. Potensi kerusuhan gede banget," sahut akun @Rden_.

Baca Juga:
Mulan Jameela Cium Ahmad Dhani di Atas Panggung Konser Dewa 19, Penonton Langsung Riuh

Konstruksi yang belum selesai di sekitar area stadion turut dikeluhkan penonton. Sebab, salah satu dari mereka ada yang jadi korban.

"Sampai ada mbak-mbak yang kejeblos di gorong-gorong. Kasihan banget setengah badan berlumpur," beber akun @sparkeene.

Konser Dewa 19 di JIS sendiri merupakan pesta perayaan Ahmad Dhani dan kolega yang sudah berkarya di industri musik Tanah Air selama tiga dekade.

Deretan artis seperti Mulan Jameela, The Lucky Laki hingga Elvy Sukaesih ikut hadir meramaikan gelaran konser. (Adiyoga Priyambodo)

Load More