Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Zozibini Tunzi. (Youtube/ABS-CBNEntertainment)

Matamata.com - Wakil dari Afrika Selatan, Zozibini Tunzi, baru saja menyabet gelar Miss Universe 2019 dalam acara Grand Final yang berlangsung di Atlanta, Amerika Serikat, pada MInggu (8/12/2019) atau Senin (9/12/2019) waktu Indonesia.

Perempuan berusia 26 tahun dinobatkan sebagai ratu sejagad setelah mengalahkan dua perwakilan Meksiko dan Puerto Rico.

Mahkota fantastis Miss Universe 2019 resmi disematkan di kepala Zozibini usai pembawa acara Steve Harvey mengumumkan namanya sebagai pemenang dalam kontes kecantikan terpopuler ini.

Baca Juga:
Eksotisnya Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi

Ya, Zozibini jelas memukau, tetapi ada banyak lagi yang perlu Anda ketahui tentang perempuan muda yang cerdas dan berbakat ini.

Berikut lima fakta menarik tentang Miss South Africa tersebut, yang sekarang menyabet predikat Miss Universe 2019, yang bisa Anda ketahui dilansir dari Hollywood Life di halaman berikutnya. Klik ya!

1. Advokat dan aktivis yang berfokus pada hak-hak dan kesetaraan perempuan

Baca Juga:
Jadi Miss Universe 2019, Intip 5 Pesona Zozibini Tunzi Pakai Dress Seksi

Zozibini Tunzi menjalankan berbagai kampanye saat menjadi Miss South Africa, termasuk bermitra dengan HeForShe, sebuah organisasi PBB yang diwakili oleh beberapa selebritas terkenal, seperti Emma Watson.

Organisasi ini mendorong lelaki untuk berjuang bersama perempuan demi kesetaraan gender.

Dalam kegiatannya Zozibini Tunzi meminta para lelaki di Afrika Selatan untuk menulis pesan dukungan mereka kepada kaum perempuan, yang ia cetak pada selembar pita.

Baca Juga:
Tembus 10 Besar Miss Universe 2019, Ini Profil Frederika Cull

Catatan itupun digunakan Zozibini sebagai kostum nasionalnya di Miss Universe!

Zozibini Tunzi. (Instagram/@zozitunzi)

2. Sangat dekat dengan orangtua
Pada masa karantina Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi memposting pesan penuh kasih kepada orangtuanya, Philiswa Nadapu dan Lungisa Tunzi, di Instagram.

Zozibini Tunzi menulis serangkaian foto, yang menunjukkan orangtuanya selalu mendukungnya di belakang panggung.

“Aku (ada) karena kalian. Kalian telah memberi saya hidup, kalian telah membesarkan saya untuk menjadi perempuan seperti sekarang, sehingga aku bisa berdiri di tempat yang jauh dengan bangga, mengetahui dari mana aku berakar dan dari mana aku berasal. Kalian telah berkorban begitu banyak dan berjuang dalam pertempuran yang bahkan aku tidak tahu, semuanya sehingga kita bisa memiliki semua peluang yang ditawarkan oleh semesta. Aku selamanya bersyukur dan berharap dapat membuat kalian bangga, setiap hari dalam hidupku! Ndiyabulela, kwaye ndinithanda ngentliziyo yam yonke.," tulisnya dalam pesan menyentuh tersebut.

Wah, panutan banget nih!

3. Lulusan Hubungan Masyarakat (Humas)
Zozibini Tunzi lulus dan mendapatkan gelar sarjana untuk jurusan hubungan masyarakat dan manajemen citra di Cape Peninsula University of Technology, pada 2018.

Dia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan gelar sarjana Teknologi di bidang hubungan masyarakat, di Cape Peninsula, tak lama sebelum memenangkan Miss Afrika Selatan.

Zozibini Tunzi pernah magang saat sekolah pascasarjana di departemen PR Ogilvy Cape Town.

Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019. [Instagram]

4. Dua Kali berkompetisi di Miss South Africa
Zozibini Tunzi berhasil masuk ke dalam 26 kontestan teratas di Miss South Africa 2017, tetapi dia harus tersingkir.

Tak menyerah, Zozibini Tunzi kembali mengikuti kontes kecantikan tersebut dua tahun kemudian, dan dia berhasil menang!

5. Pernah Tampil di New York Fashion Week (NYFW) 2019
Tiga bulan sebelum Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi pergi ke New York. Ini adalah perjalanan internasional pertamanya.

Zozibini Tunzi ditugaskan menjadi salah satu model untuk Maxhosa, label mode dari desainer Afrika Selatan Laduma Ngxokolo dan berjalan di catwalk NYFW 2019.

Dia membuka pertunjukan dengan gaun hitam dan putih yang menakjubkan yang dihiasi dengan sulaman, yang terinspirasi oleh kelompok etnis Nguni dan Mbo.

Alhasil, Zozibini Tunzi berhasil mengguncang catwalk saat diiringi dengan paduan suara lagu kebangsaan Afrika Selatan.

Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019. [Instagram]

Wow, ternyata sangat mengagumkan ya kepribadian dan prestasi yang dimiliki Zozibini Tunzi.

Tak heran bila kerja keras dan kiprahnya selama ini membuahkan hasil mengagumkan. Selamat Zozibini Tunzi yang menyabet gelar Miss Universe 2019! [Dinda Rachmawati]

Load More