Linda Rahmadanti | MataMata.com
Joaquin Phoenix (Instagram/@joaquinphoenixv)

Matamata.com - Joaquin Phoenix memberikan pidato yang mengesankan saat dinobatkan sebagai aktor terbaik dalam ajang Oscar 2020. Dia menang berkat perannya sebagai Arthur Fleck dalam film Joker.

"Kita harus terus menggunakan suara kita untuk mereka yang tidak bersuara. Saya telah banyak berpikir tentang beberapa masalah menyedihkan yang kita hadapi secara kolektif," ujar Joaquin Phoenix dari atas panggung.

Selanjutnya, dia juga bicara soal keseteraan gender hingga hak-hak hewan.

Baca Juga:
Joaquin Phoenix Sabet Aktor Terbaik, Kepoin Yuk Pemenang Piala Oscar 2020

Joaquin Phoenix saat menerima penghargaan di Oscar 2020 [YouTube]

"Kita berbicara tentang perang melawan ketidakadilan. Kita berbicara tentang perjuangan melawan kepercayaan bahwa satu bangsa, satu orang, satu ras, satu jenis kelamin atau satu spesies memiliki hak untuk mendominasi, mengendalikan dan menggunakan dan mengeksploitasi yang lain dengan impunitas," tutur Joaquin Phoenix.

"Kita merasa berhak untuk menginseminasi sapi secara artifisial, dan ketika dia melahirkan, kita mencuri bayinya, meskipun tangisan kesedihannya tidak salah lagi. Kemudian, susunya yang seharusnya untuk anaknya malah kita taruh di kopi dan sereal kita," imbuhnya lagi.

Karena itu, lelaki 45 tahun ini meminta agar semua orang mulai peduli terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga:
Joaquin Phoenix, Joker ke-2 Pemenang Piala Oscar 2020

"Kita dapat menciptakan, mengembangkan, dan menerapkan sistem perubahan yang bermanfaat bagi semua makhluk dan untuk lingkungan," ucapnya.

Joaquin Phoenix. (Instagram/@jokermovie)

Terlepas dari itu, dia tetap bersyukur bisa ditunjuk sebagai aktor terbaik. Dia berterima kasih atas prestasi tersebut.

"Saya telah menjadi bajingan dalam hidup saya. Saya sudah egois. Kadang-kadang saya kejam, sulit diajak bekerja sama dan tidak tahu berterima kasih, tetapi begitu banyak dari Anda di ruangan ini yang memberi saya kesempatan kedua," kata Joaquin Phoenix.

Baca Juga:
Joaquin Phoenix Sabet Aktor Terbaik di Golden Globe Awards 2020

Dalam kategori tersebut, dia berhasil mengalahkan para nominasi lainnya yakni Antonio Banderas (Pain and Glory), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time in Hollywood), Adam Driver (Marriage Story) dan Jonathan Pryce (The Two Popes). (Sumarni)

Load More