Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Matamata.com - Chan Kong Sang atau lebih dikenal dengan nama Jackie Chan adalah seorang aktor sekaligus sutradara legendaris. Berasal dari Hong Kong, pemeran pengganti Bruce Lee ini memulai karirnya sejak tahun 1970.

Berawal dari pemeran pengganti, kini dirinya telah dikenal sebagai salah satu aktor Laga paling Legendaris. Bahkan Jackie Chan adalah peraih penghargaan kehormatan Oscar.

Pecinta film laga pasti kenal dengan aktor yang satu ini. Berkarir lebih dari 50 tahun, membuat Jackie Chan dikenal hampir semua generasi. Buat yang penasaran, simak profil Jackie Chan berikut ini.

Baca Juga:
Simak Lirik Lagu Tank - NMIXX

Profil

Profil Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Lahir 7 April 1954, Jackie Chan telah terjun ke dunia hiburan lebih dari setengah abad. Pemilik nama lain Fong Si Lung ini lahir dari pasangan Charles dan Lee-Lee Chan. Aktor berusia 67 tahun tersebut menikah dengan Lin Feng Jiao pada tahun 1982 dan dikaruniai seorang anak bernama Jaycee Chan.

Kini anaknya pun mengikuti jejak sang ayah dan berprofesi sebagai aktor sekaligus penyanyi. Tak hanya dikenal sebagai aktor, Jackie Chan juga berprofesi sebagai sutradara, produser, koreografer, bahkan penyanyi.

Baca Juga:
Agnez Mo Tampil Kece di Acara Penghargaan Hollywood, Aksesoris Mungil Rp194 Juta Bikin Syok

Awal Karir

Profil Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Jackie Chan menekuni dunia akting sejak usianya masih muda. Ia pernah disekolahkan di Chinese Drama Academy. Disanalah Jackie ayah Jaycee Chan tersebut mempelajari seni bela diri kungfu dan akrobatik.

Jackie Chan bahkan beberapa kali ikut dalam kelompok Seven Little Fortunes, yaitu penampil dari sekolahnya yang terdiri dari murid-murid terbaik. Saat berusia 8 tahun, bersama dengan kelompoknya Jackie Chan tampil dalam film Big and Little Wong Tin Bar.

Baca Juga:
Ririe Fairus Pamer 'Ayang Beb' saat Liburan, Fotonya Sukses Bikin Terkejut

Dengan nama panggung Chen Yuen Long, ia pernah menjadi pemeran pengganti Bruce Lee. Di tahun yang sama ia mendapatkan pemeran utama dalam film Little Tiger of Canton. Film tersebut diedarkan secara terbatas, yaitu hanya di Hong Kong.

Jackie Chan bahkan pernah bekerja sebagai kuli Bangunan ketika karir aktingnya menamui kegagalan.

Perjalanan karir sebagai aktor

Baca Juga:
Gaya Hijab Lesti Kejora Disorot, Penampilan Zahwa Massaid Bikin Pangling

Profil Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Berkat aksinya sebagai pemeran pengganti, Jackie Chan pun mulai dilirik para sutradara film. Karirnya sebagai aktor meningkat pesat setelah membintangi film Drunken Master. Tak hanya di Asia, ia mulai melebarkan karir hingga ke Hollywood.

Aktor Laga kawakan tersebut telah membintangi puluhan film. Bahkan per 2011, Jackie Chan telah membintangi film ke-100 nya berjudul 1911. Hingga saat ini, aktor Legendaris tersebut masih aktif membintangi sekaligus menyutradarai berbagai film. Chan bahkan menjadi salah satu penerima penghargaan kehormatan Oscar.

Beberapa film populernya antara lain seperti Who Am I, Police Story 2013, The Karate Kids, The Spy Next Door, dan masih banyak lagi. Adakah film Jackie Chan yang pernah kamu tonton?

Prestasi

Profil Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Sebagai aktor maupun sutradara, Jackie Chan telah mendapatkan banyak penghargaan. Baik penghargaan nasional, maupun internasional. Ia bahkan menjadi salah satu artis yang tanda tapak tangannya terdapat di Avenue of Stars, Hong Kong.

Tak hanya aktif di dunia hiburan, Jackie Chan juga kerap mengkampanyekan berbagai jenis pekerjaan sosial. Mulai dari UNICEF hingga menggalang dana untuk bencana. Ia bahkan melakukan donasi untuk mereka yang membutuhkan.

Model video game

Profil Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Selain dari film dan album miliknya, sumber penghasilan Jackie berasal dari video game. Jauh sebelum adanya video game stunt master, Jackie Chan telah memiliki game sendiri. Jackie Chan's Action Kungfu contohnya, yang diedarkan untuk PC maupun NES pada tahun 2009.

Sepertinya Jackie Chan tidak hanya dipandang sebagai aktor. Jackie Chan bahkan dianggap ikon kebudayaan. Hal ini sering disebut di berbagai lagu maupun acara televisi.

Nah, itulah profil dari bintang laga legendaris, Jackie Chan. Dari semua filmnya, manakah favoritmu?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More