Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Matamata.com - Kerajaan Inggris tengah berduka karena kepergian Ratu Elizabeth II. Pihak kerajaan mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II wafat di Istana Balmoral, Skotlandia pada Kamis (8/9/2022) atau Jumat dini hari waktu Indonesia.

Sejak tim dokter kerajaan mengumumkan kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II terus menurun, pihak keluarga ratu, termasuk anak cucunya sudah berkumpul di Kastil Balmoral. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun.

Ia menjadi ratu selama 70 tahun dan menjadi penguasa Inggris terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris. Sepanjang hidupnya ada beberapa fakta tentang Ratu Elizabeth II yang jarang diketahui oleh publik. Berikut adalah sederet fakta menarik Ratu Elizabeth II yang sudah MataMata.com himpun dari The Associated Press.

Baca Juga:
Gading Marten Unggah Transformasi Ratu Elizabeth II dari Bayi hingga Meninggal Dunia, Rambutnya Jadi Sorotan

1. Ratu tertua dan terlama Kerajaan Inggris

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II memerintah Kerajaan Inggris selama 70 tahun lamanya. Masa pemerintahannya ini lebih lama dari nenek buyutnya Ratu Victoria yang memerintah selama 63 tahun. Di tahun 2016, Ratu Elizabeth II menjadi ratu terlama memerintah di dunia setelah Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand meninggal.

2. Tidak lahir di Istana

Baca Juga:
Ahli Kerajaan Ungkap Sifat Asli Ratu Elizabeth II Selama Hidupnya: Dia Bisa Bersikap Konyol

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II yang merupakan anak pertama dari Duke dan Duchess of York, calon Raja George VI dan Ratu Elizabeth ternyata tidak lahir di istana. Ia lahir di sebuah townhouse yang ada di London, Inggris milik kakek dan neneknya dari pihak sang ibu Skotlandia, Earl dan Countess of Strathmore pada 21 April 1926.

3. Tidak bersekolah di sekolah umum

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II tidak menempuh pendidikan di sekolah umum seperti keturunan bangsawan pada masanya. Ia bersekolah di rumah bersama saudaranya, Putri Margaret yang lahir pada 1930. Pengajarnya adalah sang ayah, guru senior dari Eton College dan beberapa pengasuh dari Belgia dan Perancis yang mengajarkan bahasa Prancis. Ilmu agama didapatkannya langsung dari Uskup Agung Canterbury. Pelajaran yang diterima selama sekolah di rumah adalah berkuda, berenang, menari, juga musik.

Baca Juga:
Video Kenangan Terakhir Ratu Elizabeth II dan Putri Anne, Ada Momen Lucu saat Belajar Gunakan Zoom

4. Mengemudikan ambulans dan truk selama perang dunia II

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Pada Perang Dunia II, Ratu Elizabeth II dikenal sebagai No.230873, Subaltern Kedua Elizabeth Alexandra Mary Windsor dari Auxiliary Transport Service No. 1. Ia akhirnya mendapatkan izin dari orang tuanya untuk bisa ikut andil dan membantu dalam perang. Pewaris takhta Inggris itu belajar mengemudi dan mengoperasikan ambulans serta truk. Hanya dalam waktu beberapa bulan, ia naik pangkat menjadi Komandan Junior kehormatan.

5. Membayar pajak

Baca Juga:
Hotman Paris Turut Berduka dan Kenang Ratu Elizabeth II, Netizen: Dari Dulu Senyumnya Tidak Berubah

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Walau ia merupakan ratu, tapi Ratu Elizabeth II membayar pajak paling tidak sejak tahun 1992. Hal ini terjadi ketika Kastil Windsor yang merupakan kediaman ratu dirusak dan dibakar pada tahun 1992, warga menolak membayar jutaan pound untuk perbaikan kartil. Ia setuju membayar pajak atas penghasilan pribadinya dan akan menanggung 70 persen dari biaya restorasi kastil. Bahkan untuk kali pertama ia membuka rumahnya, Istana Buckingham untuk umum demi mendapatkan uang tambahan dari tarif masuk.

6. Punya sisi lucu

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Memiliki kesan yang serius dengan ekspresi wajah yang datar, ternyata Ratu Elizabeth II mempunyai sisi lucu dalam dirinya. Rowan Williams, mantan Uskup Agung Canterbury, mengatakan bahwa ratu bisa sangat lucu. Sisi lucu Ratu Elizabeth II bisa dilihat saat perayaan Platinum Jubilee. Ia menjadi bintang video komik dengan karakter animasi Paddington Bear dan membahas tentang menyembunyikan sandwich selai jeruk di dompetnya.

7. Hari ulang tahun ganda

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II memang lahir pada 21 April 1926, tapi hari ulang tahunnya dirayakan pada waktu yang berbeda. Pemerintah memutuskan perayaan ulang tahunnya adalah pada hari Sabtu pertama, kedua atau ketiga di bulan Juni. Warga Australia merayakan ulang tahunnya pada hari Senin kedua bulan Juni sementara di Kanada dirayakan pada hari Senin pada atau sebelum 24 Mei yang merupakan hari ulang tahun Ratu Victoria.

8. Punya nama kecil

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Memiliki nama baptis Elizabeth Alexandra Mary Windsor dari York untuk menghormati ibu, nenek dari pihak ayah dan nenek buyut dari pihak. Tapi karena masih kecil, ia tak bisa mengucapkan Elizabeth dengan benar dan justru Lilibet. Ia pun mendapat julukan Lilibet Kecil. Julukan tersebut makin dikenal setelah Pangeran Harry dan Meghan, Duchess of Sussex, menamai putri mereka Lilibet Diana pada 2021.

9. Hak istimewa

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II secara teknis merupakan pemilik dari ribuan angsa bisu yang ada di perairan terbuka Inggris. Bahkan ia berhak untuk mengklaim semua ikan sturgeon, paus, dan lumba-lumba. Hak istimewanya ini diatur dalam undang-undang dari tahun 1324.

Itu tadi sederet fakta menarik Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia dalam usia 96 tahun di Kastil Balmoral.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More