Yohanes Endra | MataMata.com
Ratu Elizabeth. (Instagram/theroyalfamily)

Matamata.com - Terkuak sudah jumlah kekayaan bersih yang ditinggalkan Ratu Elizabeth II. Kabarnya, seluruh harta warisan itu akan diberikan kepada anggota keluarga kerajaan yang mayoritas akan diberikan kepada anak sulung Ratu, Raja Charles III.

Bukan sekali dua kali, Ratu Elizabeth cukup sering diberitakan memiliki harta kekayaan berlimpah. Pada tahun 2017, perusahaan konsultan keuangan di Inggris, Brand Finance, menyebutkan kalau kekayaan Ratu mencapai miliaran poundsterling.

Mereka menyebutkan pada situs berita The Irish Mirror, kalau Ratu Elizabet dan keluarga kerajaan Inggris dilaporkan memiliki aset senilai 68,5 miliar poundsterling atau setara Rp1.172 triliun.

Baca Juga:
David Beckham Antre 13 Jam demi Melayat Ratu Elizabeth II, Netizen +62: Kalau di Sini Malah Diajak Selfie

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Harta kekayaan itu berupa gabungan beberapa anggota kerajaan. Selain Ratu Elizabeth, anggota lain termasuk Raja Charles dan istrinya Permaisuri Camilla, Pangeran William dan istrinya Kate, Putri Anne, serta Pangeran Edward dan istrinya Sophie.

Namun, harta kekayaan pribadi Ratu diperkirakan bernilai 430 juta poundsterling (Rp 7,3 miliar) pada tahun 2021 menurut Forbes. Kekayaan pribadi itu terdiri dari investasi, seni, permata, dan real estat.

Namun, menurut daftar orang kaya The Sunday Times, kekayaan Ratu Elizabeth turun pada 2022 menjadi 370 juta poundsterling atau setara Rp6,3 miliar.

Baca Juga:
David Beckham Antre 12 Jam Demi Beri Hormat Terakhir ke Ratu Elizabeth II, Ekspresinya Tuai Sorotan

Dari banyaknya perkiraan kekayaan bersih Ratu sebenarnya tidak pernah diungkapkan oleh pihak kerajaan karena alasan melindungi detail tentang kekayaan keluarga kerajaan

Fakta Menarik Ratu Elizabeth II. (Instagram/theroyalfamily)

Menurut Guardian, Ratu Elizabeth berhasil menekan pemerintah Inggris untuk mengubah undang-undang yang sudah digunakan sejak 1970-an, untuk menyembunyikan tingkat kekayaan Raja Inggris yang sebenarnya dari publik. Alasannya hal itu bisa memalukan bagi publik bila mengetahuinya.

Ratu Elizabeth meninggal pada 8 September di Balmoral, Skotlandia. Saat ini, jenazahnya sudah sampai di Westminster, London, untuk dilakukan prosesi vigil terakhir dari anak-anak Ratu yang akan dilakukan pada Jumat malam (16/9/2022) waktu Inggris.

Baca Juga:
Najwa Shihab Unggah Foto Jadul untuk Rayakan Ultah, Parasnya Disorot: Mirip Ratu Elizabeth II

Prosesi vigil merupakan acara di mana keempat anak Ratu akan melakukan penjagaan di dekat peti jenazah. Vigil akan dilakukan selama sekitar 15 menit oleh Raja Charles III bersama Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward bersama para penjaga seremonial di Aula Westminster di mana peti jenazah ibu mereka yang berusia 96 tahun disemayamkan sejak Rabu malam. (Lilis Varwati)

Load More