Nur Khotimah | MataMata.com
Sinopsis Queen Cleopatra. (Netflix)

Matamata.com - Usai merilis trailer dari serial dokumenter terbaru Netflix berjudul Queen Cleopatra, justru banjir kritik. Sosok Ratu Cleopatra yang tersohor di seluruh dunia digambarkan dengan perempuan berkulit hitam. Hal itu memicu kontroversi dan bahkan sampai membuat sejumlah orang menuduh Netflix telah memalsukan sejarah.

Bahkan kontroversi tersebut berbuntut panjang sampai muncul petisi online untuk membatalkan penayangan serial tersebut pada 10 Mei mendatang. Sosok Cleopatra sendiri selama ini digambarkan sebagai perempuan cantik jelita dengan pemikiran cerdas dan tangguh. Dengan semua pesonanya itu Cleopatra mampu memikat hati banyak pria.

Tapi serial yang diproduseri Jada Pinkett Smith ini tidak menyoroti kisah cinta Cleopatra melainkan fokus pada kecerdasan dari Ratu Mesir tersebut. Biar nggak makin penasaran intip dulu sinopsis Queen Cleopatra yang sudah menuai kontroversi bahkan sebelum tayang berikut.

Baca Juga:
Sinopsis Beef, Serial Baru Netflix yang Dibintangi Steven Yeun dan Ali Wong

1. Sinopsis Queen Cleopatra

Sinopsis Queen Cleopatra. (Netflix)

Serial dokumenter Queen Cleopatra mengangkat kisah ratu terakhir dari Mesir Kuno yaitu Cleopatra yang namanya tersohor di seluruh penjuru dunia. Berbeda dari beberapa film atau serial tentang Cleopatra lainnya, Queen Cleopatra akan menyoroti tentang kecerdasannya. Selain wajahnya yang cantik rupawan kisah cintanya yang legendaris membuat banyak orang mengabaikan fakta tentang intelektualitasnya. Inilah yang coba diulas dalam Queen Cleopatra dimana ia menjadi Ratu Mesir Kuno yang sempurna dengan kecantikan, tapi juga memiliki kecerdasan dan keberanian serta kemampuan memimpin.

Banyaknya orang mengincar posisinya sebagai ratu membuat Cleopatra dengan semua kemampuan mencoba mempertahankan posisinya. Ia berjuang sekuat tenaga untuk bisa melindungi keutuhan negara dengan kemampuan berpolitiknya. Keberanian, ketangguhan, kecerdasan menjadikannya sebagai sosok yang disegani.

Baca Juga:
Sinopsis High and Low The Worst X, Film Debut Yuta NCT yang Baru Tayang di Netflix

2. Pemeran Queen Cleopatra

Sinopsis Queen Cleopatra. (Netflix)

Serial Queen Cleopatra yang diproduseri oleh Jada Pinkett Smith ini memiliki 4 buah episode dan akan tayang perdana pada 10 Mei besok. Sejumlah artis ternama muncul sebagai cast dari serial dokumenter tersebut. Sosok Adele James dipercaya memerankan tokoh utama sebagai Cleopatra. Pemilihan Adele James yang merupakan artis berkulit hitam inilah yang membuat serial ini tuai kontroversi.

Selain Adele James ada John Partridge sebagai Julius Caesar, kemudian Craig Russell sebagai Mark Anthony, dan Michael Greco sebagai Pothinus. Sedangkan Jane Pinkett Smith tak hanya sebagai eksekutif produser tapi juga merangkap menjadi narator.

Baca Juga:
Sinopsis MH370: The Plane That Disappeared, Tayang di Netflix

3. Tuai kritik dan kontroversi

Sinopsis Queen Cleopatra. (Netflix)

Sebagaimana disebut sebelumnya, pemilihan artis kulit hitam untuk memerankan Cleopatra menjadi sumber kritik dan kontroversi utama. Padahal dalam fakta sejarah yang diyakini banyak orang, Ratu Cleopatra bukan seorang kulit hitam. Cleopatra yang lahir di Alexandria, Mesir adalah seorang Makedonia Yunani. Ia adalah ratu terakhir dari dinasti Ptolemeus dan seorang keturunan Yunani sehingga warna kulitnya tidak hitam.

Kontroversi ini memicu munculnya petisi online dan sudah ditandatangani lebih dari 60 ribu orang. Namun, petisi yang dibuat orang Mesir yang merasa serial Queen Cleopatra menyajikan sejarah yang salah itu dihapus. Dilansir dari Greek City Time, serial Queen Cleopatra juga dituding mempromosikan afrosentrisme yang merupakan ideologi yang mendukung orang Afrika-Amerika sebagai orang Mesir asli. Alhasil serial Netflix yang belum tayang ini dinilai problematik karena membuat orang Mesir tersinggung lantaran merasa identitas mereka diambil.

Netizen dari berbagai belahan dunia juga menyuarakan protes mereka atas sosok Cleopatra dalam serial Netflix ini melalui media sosial. Mereka tidak mempersoalkan tentang RAS hanya saja sejarah yang diyakini tentang sosok Cleopatra berbeda dengan yang akan Netflix gambarkan.

Kendati menuai kritik dan kontroversi, serial dokumenter Queen Cleopatra sepertinya akan tetap dirilis sesuai jadwal pada 10 Mei mendatang dengan 4 episode. Kalau menurutmu sendiri sosok Cleopatra itu merupakan wanita kulit putih atau kulit hitam?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More