Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Sosok legendaris Rhoma Irama di blantika musik Indonesia, khususnya musik dangdut sampai dijuluki raja dangdut atas kesetiaannya berkarya sedari muda hingga sudah berusia senja. Potret studio Rhoma Irama jadi bukti kejayaannya di dunia musik dangdut.

Sebagai raja dangdut, Rhoma Irama punya pegangan tersendiri dalam bermusik. Menurut ayah dari Ridho Rhoma itu, bermusik bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi ada tanggung jawab kepada Allah dan juga umat manusia.

Makanya, lagu-lagu Rhoma Irama banyak yang mengajarkan kebaikan, seperti Judi dan Mirasantika, yang intinya menyuruh manusia agar menghindari judi dan minuman keras serta narkotika karena akan menjerumuskan pemakainya. 

Baca Juga:
Raffi Ahmad Sedih Ingat Olga Syahputra saat Bertemu Rhoma Irama, Kenapa?

Terlepas dari pesan dan karya, studio Rhoma Irama sudah ada sejak tahun 1982, dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi. Desainnya juga unik seperti masuk ke dalam gua. Studio ini berada di area belakang kantor Rhoma Irama. 

Jadi, kalau mau mengurus pekerjaan, Rhoma Irama melakukan semua kegiatannya di sini. Penasaran seperti apa tampilannya? Yuk, intip potret studio Rhoma Irama berikut ini!

1. Bagian depan

Baca Juga:
Pernah Tergila-gila dengan Rhoma Irama, Camelia Malik: Semua Pingin Dia

Potret studio Rhoma Irama. (Youtube/RANS Entertainment)

Ini adalah bagian depan kantor Rhoma Irama. Terdapat tulisan Soneta Record dengan latar belakang warna hijau toska. 

Pasti semua sudah tahu ya bahwa Soneta merupakan nama grup musik dangdut yang dibentuk oleh Rhoma Irama. Grup ini sudah ada sejak tahun 1970 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

2. Pintu gerbang hijau

Baca Juga:
Tertunda 15 Tahun, Rhoma Irama Akhirnya Mendirikan Pesantren Gratis

Potret studio Rhoma Irama. (Youtube/RANS Entertainment)

Dari bangunan bertuliskan Soneta Record tadi, ada pintu gerbang warna hijau toska yang harus dilalui untuk menuju ke studio. Pintu gerbang ini adalah pembatas area kantor depan dengan studio yang berada cukup jauh di belakang. 

Ingat, lahannya 5.000 meter persegi. Jadi dari satu bangunan ke bangunan lain harus berjalan beberapa menit.

3. Suasana asri

Baca Juga:
Rhoma Irama Pantau Ridho Rhoma di Penjara: Hafalannya Sudah Nambah Belum?

Potret studio Rhoma Irama. (Youtube/RANS Entertainment)

Di belakang bangunan kantor, terdapat jalan yang cukup panjang menghubungkan area depan dan belakang. Sepanjang jalan terdapat tempat untuk duduk yang dinaungi pepohonan. 

Selain itu, di belakang kantor juga terdapat semacam area yang ditumbuhi rumput sehingga suasananya begitu hijau dan asri.

4. Masuk ke studio kayak masuk ke gua

Potret studio Rhoma Irama. (Youtube/RANS Entertainment)

Kalau ke sini, pasti nggak menyangka ya bahwa apa yang dari luar sebagai gua ini, dalamnya ada studio. Kreatif banget kan, Rhoma Irama?

Di depan 'gua' juga ada meja dan kursi persis seperti di tempat wisata. Bahkan batu-batu dan stalaktit stalagmitnya persis seperti gua asli. 

 5. Tempat rekaman

Potret studio Rhoma Irama. (Youtube/RANS Entertainment)

Di sinilah Rhoma Irama bersama Soneta Group merekam lagu-lagu mereka. Jadul banget ya suasananya, karena sudah ada sejak tahun 1982. 

Meskipun begitu, semua masih berfungsi dengan baik.

6. Tempat latihan

Potret studio Rhoma Irama. (Youtube/RANS Entertainment)

Kalau ini tempat latihan vokal dan musik Soneta Group. Tempatnya luas banget, muat untuk menampung belasan personel Soneta.  Kebayang ya kalau lagi latihan pasti ramai dan seru banget.

Nah itu deretan potret studio Rhoma Irama yang unik banget kan? (Chandra Wulan)

Load More