Nur Khotimah | MataMata.com
Iis Dahlia dan Devano Danendra. (Instagram)

Matamata.com - Geger Hoaks Devano Danendra Murtad, Iis Dahlia Minta YouTube Koreksi Konten: Jadi Gak Nyampah Gitu Lho

Hoaks Devano Danendra pindah agama menjadi viral di berbagai media sosial, termasuk YouTube. Beberapa akun terpantau ikut membagikan video berisi berita hoaks tersebut. Hal ini membuat Iis Dahlia geram.

"Ini meresahkan banget, makanya aku sampai menghubungi pihak YouTube," kata Iis Dahlia di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga:
Heboh Hoaks Devano Danendra Pindah Agama, Iis Dahlia sampai Di-Chat Ketua RW di Kampung

Iis Dahlia pun menegur YouTube Indonesia. Ia meminta pihak YouTube untuk menerapkan penyaringan ketat terhadap konten-konten yang diunggah para kreator karena masih banyak hoaks beredar.

"Aku bilang gini, 'Tolong ada pembenahan'. Jadi YouTube Indonesia itu nggak sekedar nyampah gitu loh. Mau sejelek apa pun nggak apa-apa, tapi setidaknya itu fakta, bukan fitnah," ujar Iis Dahlia.

Ditambah lagi, isu yang dijadikan hoaks untuk menyerang keluarga Iis Dahlia sangat sensitif karena membahas masalah agama.

Baca Juga:
Devano Danendra Pakai Kalung Salib, Iis Dahlia Jawab Isu Anak Murtad: Kalau Gak Dipantau...

"Coba lu pikir, seandainya itu terjadi di keluarga kalian, terus keluarga kalian seperti apa? Apalagi ini soal agama, bukan mainan," kata Iis Dahlia.

Iis Dahlia juga sudah mengingatkan pemilik akun YouTube penyebar hoaks untuk menghapus konten-konten yang sudah diunggah, termasuk soal kabar Devano Danendra pindah agama.

"Aku sudah comment di tempatnya dia, aku minta dia take down," kata Iis Dahlia.

Baca Juga:
Iis Dahlia Bebaskan Devano Danendra, Kecuali Melakukan 2 Hal Ini

Bila permintaannya tidak dituruti, Iis Dahlia memastikan bakal mengambil langkah yang lebih serius. Sang pedangdut bisa saja menyeret pemilik konten hoaks Devano Danendra ke polisi.

"Tapi sekarang aku masih lihat dulu. Mungkin kalau nggak lapor polisi ya aku minta YouTube banned saja akun dia," ucap Iis Dahlia.

Sebagaimana diketahui, Devano Danendra jadi sorotan usai terlihat memakai kalung salib dalam salah satu foto yang ia unggah di Instagram. Publik sampai berasumsi bahwa adik Salshadilla Juwita sudah keluar dari Islam atau murtad.

Isu tersebut kemudian memancing beberapa pengguna YouTube untuk membuat narasi sendiri tentang dugaan perpindahan keyakinan Devano Danendra. (Adiyoga Priyambodo)

Load More