Minggu, 28 April 2024
Yohanes Endra | MataMata.com Senin, 06 Februari 2023 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Sederet artis tak malu menggunakan BPJS Kesehatan meski dikenal tajir melintir.

Alih-alih berobat ke luar negeri, para artis ini lebih memilih memakai fasilitas yang sudah disiapkan negara, yakni Badan Penyelenggara Jaminan Sosial alias BPJS.

Siapa saja mereka? Berikut deretan artis tajir yang nggak malu berobat pakai BPJS.

Baca Juga:
Kehilangan Anak gegara Tak Punya Uang, Aji Yusman Makin Ogah Pakai BPJS: Sudah Ketentuan Tuhan

1. Aldila Jelita

Potret Aldila Jelita tanpa makeup. (Instagram/dhila_bekti)

Istri Indra Bekti, yakni Adilla Jelita pernah mengalami pengendapan cairan di paru-paru hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Peristiwa itu semakin terasa berat karena terjadi di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Indra Bekti, kala itu biaya pengobatan untuk Aldila sangat besar dan bisa menyulitkan kondisi keuangannya yang terdampak pandemi Covid-19. Indra pun tak malu mengakui membayar tagihan rumah sakit menggunakan BPJS sekalipun ia berstatus presenter papan atas. Indra justru merasa sangat terbantu dengan adanya BPJS.

Baca Juga:
Terungkap! Ini Penyebab Aji Yusman Kesulitan Ekonomi hingga Tak Sanggup Urus BPJS Istri

Indra Bekti sendiri mengaku tak tahu menahu bila ada netizen yang menghujatnya gegara memakai BPJS. Ia memilih fokus pada pemulihan sang istri alih-alih memikirkan gengsi.

"Kita kebantu banget sama BPJS. Apalagi kita lagi kesusahan kayak gini, jadi membantu banget sih. Untuk apa kita gengsi sih. Lewat BPJS, kita juga bantu orang juga kan. Kita kan iuran terus. Itu gotong royong dan sangat membantu," kata Indra Bekti di YouTube Melaney Ricardo.

2. Abdee Slank

Baca Juga:
Aji Yusman Kesulitan Bayar Biaya Rumah Sakit hingga Jual Aset, Netizen Kepo: Kenapa Gak Pakai BPJS?

Artis Tajir Berobat Pakai BPJS (Instagram/@abdeenegara)

Hal serupa dialami Abdee Slank yang sempat menderita gagal ginjal di tahun 2015. Abdee Slank harus menjalani transplantasi ginjal serta rutin cuci darah lantaran sudah mengidap penyakit tersebut selama kurang lebih 4,5 tahun.

Abdee yang divonis dokter bahwa fungsi ginjalnya tinggal 3 persen, diharuskan menjalani pengobatan cuci darah. Biaya cuci darah tidaklah murah.

"Saya harus cuci darah dua kali seminggu di klinik selama lima jam. Saya lakukan pengobatan rawat jalan, enggak harus rawat inap," tutur Abdee Slank.

Abdee Slank rupanya berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Alhasil cuci darah yang harus dilakukan Abdee Slank sebanyak dua kali seminggu terbantu dari segi biaya pengobatan.

Abdee juga sempat dikabarkan menerima bantuan dari tim kedokteran khusus presiden untuk menangani penyakit gagal ginjal. Namun, Abdee menampik kabar tersebut.

3. Aldi Taher

Lagu Ciptaan Aldi Taher. (Instagram/alditaher.official)

Nama besar lain yang juga tak jaim memakai BPJS adalah Aldi Taher. Aldi diketahui sempat menderita kanker kelenjar getah bening yang membuatnya harus kemoterapi pada 2016. Berhubung ia berobat menggunakan BPJS, Aldi Taher bisa sedikit tenang saat menjalani kemoterapi di RS Islam Cempaka Putih.

Pengobatan di Indonesia yang sudah baik membuat Aldi Taher tidak terpikir pergi ke luar negeri. Selain pelayanan yang bagus, biaya pengobatan Aldi Taher juga cukup ringan karena terbantu BPJS Kesehatan.

"Aldi berobatnya di Indonesia aja sudah sangat bagus. Kebetulan Aldi pakai BPJS kan dan enam kali kemo ini terapi di RS Islam Cempaka Putih dan Alhamdulilah penanganannya bagus ya," ucap Georgia Aisyah istri Aldi Taher.

4. Suti Karno

Sumber Kekayaan Suti Karno (instagram@sutykarno)

Berikutnya ada nama Suti Karno. Sosok yang dikenal sebagai Atun dalam sinetron legendaris "Si Doel" ini mengoperasi kaki kanannya. Operasi tersebut merupakan dampak dari diabetes yang diderita Suti Karno selama 18 tahun terakhir.

Suti Karno bersyukur karena berobat dengan BPJS Kesehatan sehingga bisa mendapatkan fasilitas kesehatan dari BPJS

Setelah diamputasi, Suti Karno juga memakai kaki palsu. Namun sebelum itu, Suti Karno harus rutin menjalani fisioterapi sebelum menggunakan kaki palsu kira-kira 3 bulan ke depan pasca operasi.

"Alhamdulillah aku dapat medical check up nya juga, udah mulai bisa pesan kaki palsu," ucap dia.

5. Fay Nabila

Potret Dulu dan Kini Fay Nabila. (Instagram/@faynabilalxndr)

Artis lain yang mengalami peristiwa serupa adalah Fay Nabila. Fay berobat pakai BPJS saat menderita usus buntu.

Sebelum menggunakan BPJS, Fay Nabila rupanya sudah berobat mandiri dan menghabiskan banyak uang di rumah sakit swasta, tetapi tak kunjung sembuh. Keluarga Fay Nabila akhirnya memutuskan untuk menggunakan BPJS.

"Kan kami memang sudah ada BPJS, itu kan wajib. Pas saya ngantri mau bayar ternyata bisa pakai BPJS. Akhirnya kami pakai BPJS aja," kata Betty, ibunda Fay Nabila.

"Kami berpikirnya gini, dirawat di rumah sakit yang bayarannya mahal banget, tapi penyakitnya masih ada. Bayar mahal tidak menjamin kualitas, akhirnya kami menggunakan BPJS," terangnya.

Berbeda dengan bayangan mereka, pelayanan rumah sakit saat Fay Nabila harus operasi usus buntu dinilai sangat baik. Keluarga juga merasa sangat terbantu dengan adanya asuransi milik pemerintah tersebut.

"Imej orang kan kalau pakai BPJS pelayanannya jelek, kumuh, enggak juga kok. Rumah sakit sekarang bagus-bagus," tutur ibunda Fay Nabila.

Itulah deretan artis tajir yang nggak malu berobat pakai BPJS. Nantikan info terupdate lainnya di YouTube Sorot Mata.