Nur Khotimah | MataMata.com
Adu Mewah Tempat Pernikahan Anak Presiden. (Instagram/@kaesangp)

Matamata.com - Sebagai anggota keluarga orang nomor satu di Indonesia, tentu saja momen pernikahan anak Presiden akan menjadi sorotan. Acara yang mewah dan megah tentunya menjadi gambaran yang identik dengan hajatan seorang pemimpin negara.

Belum lama ini pernikahan anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono turut mencuri perhatian masyarakat. Tak sedikit yang mencibir Jokowi yang telah menikahkan ketiga anaknya selama menjabat sebagai Presiden.

Namun, ternyata tak hanya Jokowi saja, SBY juga pernah menikahkan kedua putranya saat masih menjabat sebagai pemimpin negeri ini. Salah satu hal yang menjadi sorotan dari hajatan presiden ini adalah lokasi pernikahannya.

Baca Juga:
Kaesang Pangarep Tak Nongol di Twitter Seminggu, Chef Arnold: Curiga Dilarang Al Nahyan

Diantara keduanya, manakah yang lebih mewah dalam menggelar acara nikahan anak mereka? Yuk, simak adu mewah tempat pernikahan anak Presiden berikut ini!

1. Istana Bogor

Adu Mewah Tempat Pernikahan Anak Presiden. (Instagram/@agusyudhoyono)

Dalam sejarah Indonesia, ternyata hanya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sajalah yang menggelar pernikahannya di Istana Bogor. Saat mempersunting Annisa Pohan pada 8 Juli 2005, ia memang masih menjadi anggota militer.

Baca Juga:
Seminggu Menikah dengan Kaesang Pangarep, Erina Gudono Ungkap Perasaannya: Di Luar Ekspektasi?

Tidak heran jika pernikahan putra sulung SBY ini dibuka dengan acara 'Pedang Pora'. Sementara itu, Istana Kepresidenan Bogor ini diketahui memiliki luas lebih dari 28 hektare. Tentunya bisa dibayangkan betapa meriahnya acara pernikahan tersebut.

2. Istana Kepresidenan Cipanas

Adu Mewah Tempat Pernikahan Anak Presiden. (Instagram)

Putra kedua SBY juga menggelar penikahannya saat sang ayah masih menjabat sebagai Presiden. Edhie Baskoro Yudhoyono menikahi Siti Ruby Aliya Rajasa pada 24 November 2011 silam.

Baca Juga:
14 Gurita Bisnis Kaesang Pangarep, Mau Tambah Usaha Bawang Goreng?

Rangkaian acara nikahan Ibas ini digelar meriah dengan mengusung adat Palembang di Istana Kepresidenan Cipanas. Dua hari setelah akad nikah, pasangan ini menggelar resepsi dengan adat Jawa di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta.

3. Gedung Graha Saba Buana

Adu Mewah Tempat Pernikahan Anak Presiden. (Instagram)

Kedua anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu sama-sama memilih Gedung Graha Saba Buana sebagai lokasi pernikahan.

Meski berstatus sebagai anak presiden, namun keduanya memilih menggelar pernikahannya secara sederhana. Graha Saba Buana sendiri diketahui merupakan gedung milik keluarga Jokowi. Gedung yang memiliki desain lawas ala kolonial ini dapat menampung lebih dari dua ribu tamu undangan, lho.

Selain tak perlu keluar biaya untuk sewa gedung, pernikahan Kahiyang dan Bobby menggunakan jasa katering milik Gibran. Wah, bisa meminimalisir biaya nikahan, nih.

4. Pendopo Agung Royal Ambarrukmo

Adu Mewah Tempat Pernikahan Anak Presiden. (Instagram/@kaesangp)

Berbeda dengan kedua kakaknya, Kaesang Pangarep memilih Pendopo Agung Royal Ambarrukmo yang terletak di kawasan hotel Royal Ambarrukmo sebagai termpat pernikahannya. Anak bungsu Jokowi tersebut resmi menikahi Erina Gudono pada 10 Desember 2022 kemarin.

Hotel yang awalnya bernama Pesanggrahan Ambarukmo ini ternyata dulu sering digunakan sebagai tempat menjamu tamu keraton Yogyakarta, lho.

Nah, itu dia adu mewah tempat pernikahan anak presiden Jokowi dan SBY, mana nih yang menurutmu paling mewah?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More