Baktora | MataMata.com
Ilustrasi Pengungsi Rohingya. (Twitter/@haikel_e)

Matamata.com - Kronologi ratusan etnis Rohingya yang masuk ke Indonesia, terutama ke wilayah Aceh akhirnya terbongkar. Kehadiran para imigran tersebut ke Indonesia berawal dari agen-agen penyelundupan yang berhasil ditangkap oleh jajaran Polres Pidie.

Menjadi agen penyelendupan berkaitan dengan bisnis di dalamnya. Agen penyelendupan tersebut bahkan meraup untung hingga Rp3 miliar.

Terbongkarnya para imigran Rohingya hingga menepi di Indonesia dengan bantuan agen penyelundupan ini dijelaskan Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali. Berawal dari jajaran Polres Pidie yang berhasil menangkap Husson Muktar.

Huson Muktar yang merupakan warga Sokoreya, Bangladesh memiliki akses termasuk mengantongi card UNHCR No B0201762. Hal ini yang dituding memudahkannya mengirim para imigran tersebut hingga dijadikan ladang bisnis.

Huson Muktar diduga memfasilitasi kapal kayu untuk mengangangkut rombongan imigran Rohingya dari perairan Bangladesh, Myanmar masuk ke perairan wilayah Indonesia.

Imam Asfali menyebutkan bahwa rombongan yang akan naik ke kapal harus membayar semacam upeti dan harus dilunasi oleh pengungsi tersebut. Itu juga menjadi tiket para etnis Rohingya bisa mendapatkan tempat tinggal baru.

Muktar menarik biaya yang bervariasi bagi pengungsi dari jenjang usia. Seperti anak-anak akan ditarik sebesar 50.000 Taka atau sekitar Rp7 juta dan orang dewasa sebesar 100.000 Taka atau Rp14 juta.

"Jika ditotalkan agen meraup keuntungan dari hasil kejahatan praktik penyelundupan tersebut bila dihitung kurs Indonesia sebesar Rp 3,3 miliar," ujarnya, Kamis (7/12/2023).

Load More