Baktora | MataMata.com
Capres RI Anies Baswedan. [Dok.Antara]

Matamata.com - Anies Baswedan, cukup percaya diri dengan kampanyenya yang mampu meraih banyak suara di Jawa Tengah. Capres nomor urut 1 ini bahkan meyakini bahwa Jateng, bukan basis PDI Perjuangan, atau dikenal istilah Kandang Banteng lagi.

Bukan tanpa alasan, Anies Baswedan merasa banyak masyarakat di Jawa Tengah yang mengaku ingin mendapat perubahan baru di pemerintahan saat ini.

"Saya rasa nuansa perubahan ini semakin terasa. Jadi banyak menginginkan perubahan itu dan semakin menonjol," terang Anies Baswedan, Senin (25/12/2023).

Anies bahkan menilai bahwa era Jateng sebagai kandang banteng sudah mulai meluntur. Pasalnya pemenang parpol sejak periode 1999-2019 lalu sudah mulai berubah.

"Kalau disebut kandang, itu periode sebelum-sebelumnya. Tapi sekarang rakyat ingin perubahan, tidak hanya di 1 partai, tapi partai-partai lainnya," klaim Anies.

Bahkan ia sedikit tak yakin jika Jawa Tenga atau Jateng ini hanya diindentikkan dengan satu partai saja, yakni PDIP. Masih banyak partai yang berkembang dan punya potensi menguasai Jateng.

"Kalau dibilang Jateng [kandang banteng], Jateng ini tempat yang bervariasi, sebetulnya kan bukan satu partai saja," terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Anies tak memungkiri, bahwa beberapa wilayah memang didominasi dengan partai berlambang banteng moncong putih ini. Tapi tak seharusnya Jateng dianggap juga menjadi kandang banteng.

Load More