Baktora | MataMata.com
Pendakwah terkenal. Gus Miftah saat membagikan uang ke warga. (dok.Istimewa)

Matamata.com - Gus Miftah baru-baru ini diperiksa oleh Bawaslu Pamekasan terkait video viralnya yang membagikan uang kepada warga di Pamekasan, Madura. Bawaslu Pamekasan sampai mendatangi Ponpes Ora Aji di Sleman, DIY untuk memeriksa Gus Miftah.

Ternyata ada sosok yang memiliki ide agar Gus Miftah memberikan uang kepada para warga. Namun hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya Gus Miftah juga kerap berbagi di Ponpes Ora Aji selama berdakwah di DI Yogyakarta.

Sosok tersebut adalah pengusaha besar di Pamekasan, yakni Haji Her. Bernama lengkap Khairul Umam dan akrab disapa Haji Her, pria ini merupakan pengusaha tembakau yang kerap membantu petani di Madura.

"Itu uangnya haji Haer," ujar Gus Miftah dikutip, Senin (8/1/2024).

Gus Miftah menjelaskan awalnya ia diundang ke kediaman Haji Her untuk minum kopi bareng temasuk sedekah ke warga. Lokasi pembagiannya dilakukan di gudang perusahaannya, PT Bawang Emas di Pamekasan.

Gus Miftah memang dimintai tolong membagikan uang tersebut. Bahkan Gus Miftah dibantu salah satu orang karena membagikan uang ke-1.000 warga tak akan sanggup.

Namun video viral tersebut justru dipotong dan tak memperlihatkan salah satu orang dari perusahaan Haji Her membagikan uang.

Pembagian uang itu sebenarnya rutin dilakukan Haji Her. Namun karena ada salah satu warga yang menunjukkan kaus bergambar Prabowo Subianto yang sedang dalam situasi pemilu, pembagian uang itu justru merembet dengan tudingan money politic.

Load More