Olivia Nathania dan suami, Rafly N Tilaar. [Instagram Nia Daniaty]

Matamata.com - Olivia Nathania yang merupakan putri Nia Daniaty dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Perempuan yang disapa Oli itu diduga melakukan praktik penipuan modus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Nggak tanggung-tanggung, ada 225 orang yang mengaku ditipu Olivia Nathania dengan kerugian ditaksir sebesar Rp 9,7 miliar. Ternyata salah satu korbannya adalah mantan guru SMA Oli bernama Agustin.

Dengan ajakan Olivia Nathania yang menawarinya jadi PNS, Agustin mengaku tergiur. Agustin pun sempat terkejut karena Oli tiba-tiba mengirim pesan melalui WhatsApp setelah beberapa tahun tak bertemu.

Baca Juga:
Dituduh Menipu 225 Orang, Putri Nia Daniaty Bikin Kerugian Rp 9,7 Miliar

Agustin, korban putri Nia Daniaty, Olivia Nathania menggelar konfrensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/9/2021). [Ismail/Suara.com]

"Terus terang Oli adalah mantan murid saya waktu di SMA. Setelah lulus dari SMA saya lama tidak bertemu. Singkat cerita dia men-chat saya menawarkan untuk CPNS," kata Agustin, saat menggelar jumpa pers di kawasam Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (25/9/2021).

Agustin langsung mengiyakan usai mendengar tawaran tersebut. Agustin bahkan mengajak putrinya yang baru lulus kuliah untuk mengikuti pendaftaran CPNS yang ditawarkan Olivia Nathania.

Agustin sempat ragu dengan tawaran tersebut. Namun, Oli meyakinkan mantan gurunya itu dan mengaku sudah melakukan hal tersebut sejak empat tahun lalu. "Dia menyampaikan ini empat tahun. Jadi ini tahun ke lima. Itu lah yang membuat saya percaya," imbuh Agustin.

Baca Juga:
Vicky Prasetyo dan Kalina Gagal Nikah, Anak Nia Daniaty Menikah Lagi

Olivia Nathania dan suaminya, Ardy Prasetyo, saat menggelar acara putri mereka, Shaakila Ardistya Daniaty, di kediaman Nia Daniaty di Jalan Kemang Utara VII, Kemang Jakarta Selatan, Sabtu (13/12/2014]. [suara.com/Ismail])

Agustin semakin yakin dengan tawaran CPNS itu, karena putri Nia Daniaty ini mengaku peduli dengan mantan gurunya.

"Jadi tidak mungkin lah, seorang murid akan menipu seorang guru. Bahkan dia menyampaikan kepada saya, 'saya mungkin murid yang peduli yang masih care kepada gurunya setelah sukses. Tidak seperti murid yang lain'. Itu yang memotivasi saya, seolah ingin membalas budinya kepada saya," tutur Agustin.

Tidak sampai di situ Oli juga meminta kepada gurunya untuk mencari orang yang mau jadi PNS melalui jalur prestasi pengganti. "Jadi menawarkan menggantikan orang meninggal karena Covid, sakit, dan sebagainya. Bahkan menggantikan PNS yang teridentifikasi narkoba," ucap perempuan berhijab ini.

Baca Juga:
Anak Nia Daniaty Menikah Lagi setelah 4 Tahun Menjanda

Olivia Nathania pun meminta sejumlah uang  sekitar Rp 25-30 juta untuk bisa mengikuti seleksi CPNS itu. 

Penyanyi pop lawas era 90-an Nia Daniati saat melakukan latihan di sebuah studio musik di Jakarta Selatan, Rabu, (1/4).

"Jadi saking percaya dengan Oli, saya membawa keluarga sendiri. Anak saya, keponakan saya, sepupu saya, keponakan dari suami saya jumlahnya kurang lebih 16 orang," kata Agustin.

Sayangnya janji Olivia Nathania tidak kunjung ditepati. Sehingga Agustin dan korban lainnya melaporkan mantan muridnya. Para korban juga melaporkan suami Oli, Rafly N Tilaar, yang diduga rekeningnya digunakan menerima transfer dari korban.

Baca Juga:
Tak Akrab, Putri Nia Daniaty Tetap Undang Farhat Abbas di Pernikahannya

Putri Sulung Nia Daniaty, Olivia Nathania. (Matamata.com/Yuliani)

Laporan diterima Polda Metro Jaya dengan Nomor LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA, Tanggal : 23 September 2021. Oli dan RAF dipersangkakan melanggar Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP atas perbuatannya tersebut.

Load More