Ismail | MataMata.com
Ade Armando. [Dok.Istimewa]

Matamata.com - Ade Armando menjadi korban pengeroyokan saat demo mahasiswa di depan gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022). Dosen Universitas Indonesia itu terlihat babak belur setelah dihajar sekelompok massa yang tak dikenal.

Selain wajahnya yang babak belur, Ade juga setengah telanjang karena celana yang dikenakannya robek dan lepas dan hanya terlihat celana dalamnya saja.

Ade Armando merupakan seorang pegiat media sosial dan akademisi yang mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Ternyata Ade kerap menghebohkan dunia maya karena aksinya yang kontroversial.

Baca Juga:
King Faaz Malu-Malu Tanya Warna Kesukaan Arsy, Ashanty Gemas: Aduh, Ajaran Bapaknya Nih

Tahun lalu, Ade bahkan pernah terang-terangan mengkritik sejumlah artis Tanah Air yang suka pamer kekayaan melalui konten mereka. Ade menyebut artis yang sering pamer kemewahan sebagai ancaman baru di Indonesia, karena bisa menimbulkan kecemburuan sosial.

Dalam video berjudul "Atta, Raffi, Andre, Hentikanlah Pameran Kemewahan Ini" yang dirilis melalui kanal YouTube Cokro TV pada 10 April 2021, Ade Armando menyindir habis-habisan para artis yang kerap pamer kekayaan di konten mereka.

Lantas siapa saja artis yang pernah disindir Ade Armando gara-gara sering pamer kekayaan? Berikut ini daftarnya!

Baca Juga:
Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Menggumpal

1. Atta Halilintar

Artis Pernah Disindir Ade Armando (YouTube Cokro TV)

Atta Halilintar menjadi artis yang paling dikritik, bukan hanya karena sering pamer gaya hidup mewah, tapi juga membuat konten YouTube menampilkan dirinya mengunjungi rumah rekan sesama artis untuk memperlihatkan kemewahan.

Ade awalnya menyindir pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang digelar sangat mewah, disiarkan langsung oleh stasiun televisi, hingga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:
Ariel NOAH Kece Pakai Jas saat Jadi Juri: Fresh Banget Kayak Kue Lebaran

Ade juga mengkritik Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang naik jet pribadi ke Bali saat berbulan madu, menyebut mereka seperti ogah naik pesawat dengan orang yang lain.

"Atta itu adalah perwakilan dari Crazy Rich Indonesia baru, orang kaya baru, yang lain mempertontonkan gaya hidup yang mewah tanpa peduli pada kondisi mayoritas rakyat Indonesia yang masih jauh dari sejahtera," kata Ade.

2. Andre Taulany dan Kawan-kawan

Baca Juga:
Rizky Billar dan Lesti Kejora Dapat Duit Sekoper dari Bos DNA, Ernest Prakasa Bahas Kejanggalan

Artis Pernah Disindir Ade Armando (YouTube Cokro TV)

Tak berhenti sampai disitu, Ade kemudian menyinggung konten YouTube Atta yang mengunjungi rumah rekan sesama artis untuk memamerkan koleksi barang mewah mereka.

Salah satu artis yang ikut kena sindir melalui konten Atta adalah Luna Maya. "Misalnya Atta Halilintar mendatangi rumah Luna Maya yang memperagakan koleksi sepatu dan tas mahalnya," ucap Ade.

Masih melalui konten YouTube Atta, Ade kemudian menyinggung Laudya Cynthia Bella yang memamerkan rumah mewahnya. Tampak rumah mewah Laudya yang besar dengan kolam renang di dalamnya.

"Kemudian ada Atta grebek rumah mewah Laudya Cynthia Bella. Ada Atta grebek kamar emas Andre Taulany. Ada pula video berjudul koleksi barang mewah Nikita Mirzani."

Jadi mereka saling bertukar kunjungan, untuk mempertontonkan kekayaan pada puluhan juta penonton YouTube. "Yang juga lazim diperagakan adalah koleksi mobil mewah: Lamborghini, Ferrari, Mercedes, BMW," kata Ade.

3. Keluarga Anang Hermansyah

Artis Pernah Disindir Ade Armando (YouTube Cokro TV)

Ade Armando kemudian menyoroti video di kanal keluarga Anang Hermansyah yang menunjukkan Aurel membelikan ibunya mobil BMW mewah. Alasannya karena sang ibu sudah lama tidak ganti mobil.

Ade juga menyebutkan tentang video keluarga Anang membeli rumah mewah Rp60 miliar di Kemang. Dosen UI ini terus menyoroti gaya hidup mewah artis-artis yang disebutnya sombong.

4. Raffi Ahmad

Artis Pernah Disindir Ade Armando (YouTube Cokro TV)

Selain Atta Halilintar, Raffi Ahmad juga kena sindir Ade Armando karena sering pamer kekayaan. Ade mempermasalahkan julukan Sultan Andara yang diberikan rekan sesama artis pada Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

"Raffi dengan bangga mempertontonkan koleksi mobilnya yang diperkirakan bernilai Rp33 M. Dia punya Lamborghini Aventador, Rolls Royce, Mercedes Benz, Range Rover, BMW, dan lain-lain," kata Ade.

Ade kemudian menyinggung soal Raffi yang membeli motor setengah miliar karena iseng, dan membelikan Nagita berlian seharga Rp3 miliar. "Ikat rambut Nagita harganya Rp7 juta. Ikat rambut lho, ya," sindir Ade.

5. Sisca Kohl

Artis Pernah Disindir Ade Armando (YouTube Cokro TV)

Tak ketinggalan Sisca Kohl yang tahun lalu sempat naik daun karena konten TikTok-nya yang memperlihatkan kuliner unik nan mahal. Sisca sering membagikan review kuliner super mahal dengan caranya yang unik.

"Dia menampilkan caviar Rp20 juta, durian Rp10 juta, kepiting kegani Jepang Rp5 juta, stroberi Rp1,2 juta, oreo khusus edisi Valentine Rp2 juta dan seterusnya. Begitu juga mesin pemanggang roti Rp10 juta dan mesin grill Rp50 juta," kata Ade.

"Ini semua, buat saya, memalukan dan membahayakan. Radikalisme keagamaan jelas jadi ancaman bangsa Indonesia, namun gaya hidup orang-orang kaya yang pamer kekayaan, ini menjadi ancaman baru," ujarnya.

Bagaimana menurut kalian?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More