Madinah | MataMata.com
Bos Alibaba Group Jack Ma. [capture Instagram]

Matamata.com - Jack Ma, miliuner sekaligus bos Alibaba Group mendadak hilang beberapa minggu sejak mengkritik sistem perbankan pemerintah China dan mendesak reformasi. Sejak 3 bulan belakangan, Jack Ma yang sebelumnya rajin unggah postingan di media sosial mendadak vakum. Postingan terakhirnya di media sosial dilakukan tiga bulan lalu sejak pidato kontroversialnya di kota Shanghai.

Paling baru, Jack Ma tak hadir dalam gelaran pencarian bakat 'Africa Business Heroes", sebuah program yang dibesut Jack ma Foundation bagi 10 pengusaha Afrika dengan hadiah sebesar 1,5 juta dolar Amerika Serikat. Jack Ma digantikan Lucy Peng yang tercatat sebagai salah satu pendiri Alibaba Group.

Bos Alibaba Group Jack Ma. [capture Instagram]

Seperti dikutip laman Independent, Jack Ma urung hadir di acara tersebut lantaran alasan jadwal bentrok.

Baca Juga:
Ikuti Bintang Suara! Pendaftaran Dibuka sampai 31 Januari 2021

24 Oktober 2020 lalu di Shanghai, Jack Ma mengkritik kebijakan sistem perbankan pemerintah Xin Jin Ping dan menyerukan perubahan. Saat itu, Jack Ma sebut sejumlah bank di China beroperasi mirip sistem pegadaian.

"Sistem keuangan kita saat ini merupakan warisan era industri. Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda. Kita harus mereformasi sistem saat ini," kata Jack Ma dalam pidatonya.

Di masa pandemi, Jack Ma diketahui telah menyumbang puluhan juta masker ke seluruh dunia serta sedikitnya 2 ribu unit ventilator ke New York, Amerika Serikat. [Independent]

Baca Juga:
Nagita Slavina Masak Ayam Dekat Kandang Kucing, Dinyinyir Bau

 

Load More