Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Kanye West (YouTube/Kanye West)

Matamata.com - Kanye West menjadi sorotan dunia setelah melontarkan ujaran kebencian. Mantan suami Kim Kardashian tersebut sampai diputus kontrak Adidas yang seharusnya bekerja sama dengannya hingga 2026.

Komentar anti semitisme atau ketidaksukaan terhadap kaum Yahudi yang blak-blakan dikatakan Kanye West membuatnya juga diboikot sejumlah produk. Yang terbaru, Kanye West diusir dari kantor Skechers lantaran datang tanpa pemberitahuan maupun diundang.

Kontroversi Kanye West membuat namanya kembali ramai dicari tahu. Simak profil Kanye West yang disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

Baca Juga:
Dijuluki Couple Goals, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Ternyata Kerap Cekcok?

1. Biodata Kanye West

Profil Kanye West (YouTube/Kanye West)

Kanye Omari West atau yang akrab disapa Ye merupakan pria kelahiran Atlanta, 8 Juni 19877. Ia dikenal sebagai rapper, penyanyi, pencipta lagu, produser rekaman, pengusaha, dan perancang busana yang telah aktif berkarier sejak 1996. Ye juga tercatat sebagai pemilik label rekaman bernama GOOD Music.

2. Awal Karier Kanye West

Baca Juga:
10 Momen Luna Maya Gerebek Rumah Nikita Mirzani, Kepoin Koleksi Barang Branded

Profil Kanye West (YouTube/Kanye West)

Kanye West awalnya seorang produser sejak 1996. Mimpi Kanye West sebagai rapper sempat terhambat karena tidak ada label rekaman yang mau menerimanya.

Label rekaman Roc-A-Fella Records-lah yang pertama kali menerima Kanye West. Bahkan kecelakaan di tengah proses pembuatan lagu tak mematahkan semangat Kanye West, malah menjadi inspirasi untuk menciptakan sebuah karya.

Roc-A-Fella Records kemudian merilis album Kanye West berjudul "The College Dropout" dengan single "Through the Wire" pada 2004 yang langsung menembus tangga lagu Billboard Hot 100. Hingga 2022, Kanye West tercatat telah merilis 10 album studio dan 3 album kolaborasi.

Baca Juga:
Isa Zega Borong Nasi Tumpeng untuk Syukuran, Rayain Nikita Mirzani Ditahan?

3. Kehidupan Pribadi Kanye West

Profil Kanye West (YouTube/Kanye West)

Ye telah diresmikan sebagai nama Kanye West pada 18 Oktober 2021. Keinginan untuk mengubah nama sebenarnya telah diungkap Kanye West sejak 2018. Menurut Kanye West, Ye adalah kata paling umum digunakan di Alkitab yang berarti 'Anda'. Oleh sebab itu, alasan pribadi menjadi dasar perubahan nama Kanye West tersebut.

4. Kisah Asmara Kanye West

Baca Juga:
5 Drama Terbaru Han Hye Jin yang Lagi Ulang Tahun ke-41, Hold Me Tight Bikin Baper

Profil Kanye West (YouTube/Kanye West)

Kanye West pernah menikah dengan Kim Kardashian pada 2014, kemudian kini berpisah. Hakim Pengadilan Los Angeles mengabulkan permohonan cerai Kim Kardashian pada 2 Maret 2022. Dari pernikahan tersebut, Kanye West menjadi ayah dari 4 anak, di antaranya North West, Psalm West, Saint West, dan Chicago West.

Setelah bercerai dari Kim Kardashian, Kanye West sempat memperkenalkan Chaney Jones sebagai kekasih baru. Namun pada Juni 2022, hubungan mereka dikabarkan berakhir hanya dalam waktu lima bulan.

5. Kontroversi Kanye West

Profil Kanye West (YouTube/Kanye West)

Sebelum komentar anti semitisme, Kanye West telah dikenal sebagai artis kontroversial. Misalnya saja pada 2009, Kanye West diusir dari MTV Video Awards karena naik ke atas panggung saat Taylor Swift menerima penghargaan Best Female Video. Kanye West dengan lantang menyebut bahwa video Beyonce tetap yang terbaik.

Kanye West juga pernah mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pada 2020, tetapi gagal. Yang terbaru, Kanye West dilengserkan dari daftar miliarder Forbes karena Adidas membatalkan kontrak dan disebut-sebut membuatnya amat merugi.

Itu dia sekilas profil Kanye West yang kehidupannya dikenal penuh kontroversi. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More