Ade Wismoyo | MataMata.com
Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (Instagram/redchilliesent)

Matamata.com - Penikmat film India tentunya sudah tak sabar dengan film terbaru King of Bollywood, Shah Rukh Khan. Seperti diketahui, proyek akting terbaru Shah Rukh Khan, Dunki akan rilis pada Desember 2023.

Dunki akan menjadi film komedi pertama Shah Rukh Khan setelah 5 tahun. Maka tak heran banyak yang dibuat penasaran dengan akting sang mega bintang. Namun, selain Dunki sebenarnya ada banyak rekomendasi film komedi India tahun 2023 yang juga sangat seru. 

Daripada makin penasaran, berikut ulasan daftar rekomendasi film India bergenre drama komedi sepanjang tahun 2023.

Baca Juga:
6 Fakta Menarik Film India RRR yang Raih Penghargaan Golden Globe dan Oscar Awards 2023

1. Shiv Shastri Balboa

Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (IMDb)

Dibintangi Anupam Kher dan Neena Gupta, Shiv Shastri Balboa mengangkat kisah seorang lansia bernama Shiv Shankar. Shiv memutuskan pindah ke Amerika dan tinggal dengan anak laki-lakinya. Namun, kesibukan anaknya membuat Shiv merasa kesepian di usianya yang sudah lanjut.

Shiv pun berteman dengan asisten rumah tangganya, Elsa. Dari pertemanan itu, keduanya memutuskan untuk berkeliling Amerika dan memulai petualangan untuk mengisi masa tua yang sepi.

Baca Juga:
Tak Cocok Ditonton Bareng Keluarga, 8 Film India Banyak Adegan Panas Bikin Deg-degan Nontonnya

2. Kathal: A Jackfruit Mystery

Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (IMDb)

Kisahkan cerita yang tak biasa dan unik, Netflix menyajikan kisah komedi tentang polisi bernama Mahima yang sibuk mengusut kasus hilangnya buah nangka. Hilangnya buah nangka milik politisi itu mengantar Mahima pada kasus yang jauh lebih besar. Film komedi dengan bumbu satir ini digarap dengan judul Kathal: A Jackfruit Mystery dan telah tayang perdana pada 19 Mei 2023 lalu. 

3. Trial Period

Baca Juga:
10 Film India Tanpa Adegan Nari dan Nyanyi, Jadi Kurang Mantul?

Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (IMDb)

Film yang dibintangi oleh Genelia Deshmukh dan Manav Kaul ini berkisah tentang usaha seorang ibu tunggal untuk memberikan sosok ayah pada sang putra. Ana adalah ibu tunggal yang merasa putranya butuh kehadiran seorang ayah.

Alih-alih mencari pendamping yang akan menemaninya selamanya, Ana malah memilih seorang karyawan di kantor pamannya untuk menjajal kehidupan sebagai ayah sambung. Pria pilihan Ana adalah Prajapati. Waktu percobaan tersebut ditentukan selama 30 hari. Trial Period dirilis di JioCinema pada 21 Juli 2023 

4. Friday Night Plan

Baca Juga:
7 Film India Tentang Perselingkuhan, Dibintangi Sakhrukh Khan Hingga Deephika Padukone

Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (IMDb)

Lagi-lagi kisah kisah keluarga diangkat dalam film komedi Bollywood Friday Night Plan. Kali ini adalah kisah kakak beradik yang diperankan oleh Babil Khan dan Amrith Jayan. Keduanya pergi diam-diam ke sebuah pesta saat ibunya sedang bekerja.

Film yang digarap oleh Farhan Akhtar ini menceritakan bagaimana usaha keduanya untuk pulang usai pesta tanpa tertangkap sang ibu. Friday Night Plan sendiri tayang di platform Netflix.

5. Sukhee

Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (IMDb)

Masih berkisah tentang kehidupan keluarga, film Sukhee berkisah tentang seorang ibu rumah tangga yang jenuh dengan kesehariannya. Sukhee sangat ingin hadir pada reuni SMA yang digelar di Delhi. 

Untuk mewujudkan keinginannya itu, ia sampai harus berdebat dengan sang suami. Sukhee yang pada akhirnya berhasil mendapatkan izin, melakukan banyak kegiatan selama reuni. Hal itu secara tidak sengaja membuatnya teringat pada masa-masa mudanya sebelum jadi ibu rumah tangga. Sukhee sendiri telah dapat ditonton secara streaming di Netflix sejak 17 November 2023.

6. Mast Mein Rehne Ka

Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (IMDb)

Kisah persahabatan lansia kembali diangkat dalam film Mast Mein Rehne Ka. Film yang dibintangi dua artis senior Jackie Shroff dan Neena Gupta ini tayang di Amazon Prime pada 8 Desember kemarin.

Persahabatan keduanya bermula karena adanya persamaan nasib. Ya, rumah mereka sama-sama dirampok dan membuat keduanya menjadi dekat. Selain banyaknya unsur komedi, pesan moral yang penuh makna juga bisa ditemukan di sepanjang film. 

7. Dunki

Rekomendasi Film Komedi India Tahun 2023 (Instagram/redchilliesent)

Last but not least, ada Dunki yang menjadi film paling dinanti pada bulan akhir 2023. Dunki menjadi film ketiga Shah Rukh Khan sepanjang tahun 2023. Dua film Shah Rukh Khan sebelumnya telah sukses besar yaitu Pathaan dan Jawan. 

Dunki sendiri berkisah tentang imigran gelap yang ingin pergi ke luar negeri lewat jalur ilegal. Kisah pada imigran gelap ini dapat disaksikan besok, 21 Desember 2023.

Film Bollywood memang tak pernah kehilangan pesonanya bagi pecinta film. Tak terkecuali film komedi yang kocak dan mengocok perut. Nah, dari film-film tadi mana nih jadi jadi favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More