Rabu, 26 Januari 2022
Nur Khotimah : Rabu, 22 Desember 2021 | 11:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Profesi guru memegang peranan yang begitu penting dalam dunia pendidikan. Guru, sebagai tenaga pendidik, diharapkan dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Namun, ada persoalan yang masih kerap ditemui, yakni lulusan guru dari Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) terus bertambah setiap tahunnya.

Setiap tahun, LPTK meluluskan 350 ribu guru, sementara kebutuhan guru di Indonesia adalah 150 ribu sehingga ada kelebihan 200 ribu tenaga guru setiap tahunnya. Fenomena ini menyebabkan banyak tenaga guru yang menganggur atau menjadi guru honorer lantaran ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia belum sebanding dengan jumlah tenaga guru yang tersedia.

Ilustrasi guru. (Pexels/ThisIsEngineering)

Meski demikian, persoalan tersebut bisa teratasi seiring dengan berkembangnya teknologi. Cara belajar pun kini turut mengalami perubahan selaras dengan transformasi digital. Metode pembelajaran daring sudah banyak digunakan dan diterima oleh masyarakat sehingga dapat memperluas peluang kerja untuk para guru.

Terlebih dengan situasi pandemi, kebutuhan akan guru online terus meningkat. Sebagai guru, pembelajaran daring juga membawa beberapa keuntungan seperti jam kerja yang fleksibel, dapat mengajar dari rumah, serta bisa terkoneksi dengan siswa-siswi dari berbagai daerah di Indonesia tanpa terbatas jarak.

Saat ini, di Indonesia terdapat beberapa aplikasi bimbingan belajar online yang dapat menjadi pilihan bagi guru yang tertarik untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi belajar online terbaik bagi calon guru yang populer di Indonesia, lengkap dengan pilihan jenjang mengajar dan fasilitas yang perlu dipertimbangkan.

1. Quipper

Quipper merupakan aplikasi belajar online yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di rumah. Hanya saja, jenjang mengajar di Quipper hanya meliputi jenjang SMP dan SMA.

Ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan guru saat menggunakan Quipper, antara lain: video pembelajaran, latihan soal dan pembahasan, laporan orang tua, live class dan bimbingan online, serta tryout UTBK SBMPTN.

Ilustrasi guru. (Pexels/Mentatdgt)

2. Pahamify

Pahamify adalah bimbel online yang diperuntukkan bagi siswa SMA, mulai kelas X, XI, dan XII, baik jurusan IPA maupun IPS.

Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan guru saat menggunakan Pahamify antara lain: akses video belajar SMA, rangkuman materi SMA, flash card, kuis, bank soal. Selain itu, dalam Pahamify terdapat pula Komunitas Guru Inspiratif Pahamify yang dapat digunakan sebagai wadah sharing bagi sesama guru di seluruh Indonesia.

Ilustrasi guru. (Pexels/Andrea Piacquadio)

3. Ruangguru

Ruangguru menyediakan layanan belajar online untuk semua jenjang kelas, mulai dari kelas 1 – 6 SD, SMP, serta SMA dengan jurusan IPA maupun IPS.

Terdapat banyak fitur atau fasilitas mengajar di Ruangguru yang lebih lengkap dan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para guru, antara lain: video belajar beranimasi dan interaktif, soal latihan bab, bank soal dan tryout PTS/PAS, rangkuman interaktif, video konsep dan pembahasan roboguru, jadwal belajar dan laporan belajar, rencana belajar mingguan, hingga Ruangguru adventure dan teman belajar.

Istimewanya lagi, Ruangguru menyediakan fasilitas pengembangan soft skills untuk guru setiap bulan.
Itulah sederet rekomendasi aplikasi bimbingan belajar online populer di Indonesia yang dapat menjadi pilihan para guru maupun calon guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Semoga para guru bisa menemukan pilihan yang tepat untuk memperluas prospek kerja guru.

BACA SELANJUTNYA

5 Artis Indonesia Pernah Jadi Guru di Film, Pakai Seragam Penuh Kharisma