Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Rafael Alun Trisambodo (Facebook KPP PMA DUA)

Matamata.com - Profil Rafael Alun Trisambodo, Ditjen Pajak yang Anaknya Aniaya David Hingga Koma.

Sosok Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo jadi perbincangan hangat setelah anaknya, Mario Dandy Satrio melakukan penganiayaan terhadap seorang pria bernama David hingga terbaring koma di rumah sakit.

Terungkap bahwa Mario merupakan anak dari seorang pejabat pajak di Kanwil DJP Jakarta. Mobil Jeep Rubicon yang dikendarai Mario ikut menuai sorotan karena memakai plat nomor palsu dengan menunggak pajak.

Baca Juga:
Profil Sukhdev Singh, Suami Bunga Zainal yang Ternyata Produser Terkenal

Lantas siapa dan apa jabatan ayah Mario ini di Kementerian Keuangan? Berikut profil Rafael Alun Trisambodo dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Rafael Alun Trisambodo

Rafael Alun Trisambodo merupakan seorang pejabat eselon III yang saat ini menduduki posisi sebagai Kepala Bagian Umum DJP Kanwil Jakarta Selatan. Rafael sebelumnya menjabat di berbagai daerah.

Baca Juga:
Profil Lee Soo Man, Pelopor Budaya K-Pop yang Dituding Hancurkan SM Entertainment

Diketahui, Rafael Alun Trisambodo menjabat sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak Kanwil Jawa Tengah I pada 2013. Dia kemudian ditugaskan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Situbondo pada 2015.

Hanya dalam waktu dua tahun, Rafael Alun Trisambodo diangkat menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Kanwil DJP Jawa Timur I. Sebelum mengepalai DJP Kanwil Jaksel, Rafael pernah bertugas sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Modal Asing II.

Gaji Rafael Alun Trisambodo

Baca Juga:
Profil Monica Soraya, Crazy Rich yang Adopsi Belasan Anak dan Punya Rumah Rp200 M

Gaji pokok Rafael Alun Trisambodo sebagai PNS Pajak berkisar antara Rp3.044.300 hingga Rp5.901.200, seperti yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang upah PNS sesuai masa kerja golongan (MKG).

Selain gaji pokok, Rafael Alun Trisambodo juga menerima tunjangan kinerja (tukin). Rafael diperkirakan mendapat tukin paling kecil Rp37,21 juta hingga Rp46,47 juta per bulan dengan statusnya sebagai PNS golongan eselon III.

Harta Kekayaan Rafael Alun Trisambodo

Baca Juga:
Profil Park Min Young, Aktris Cantik yang Disorot Karena Kasus Mantan Pacarnya

Dari pelaporan setiap tahunnya, harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo diketahui mengalami kenaikan yang konsisten. Terlapor pada 2013 bahwa aset Rafael mencapai Rp21,25 miliar dan mengalami kenaikan menjadi Rp56,10 miliar di tahun 2021.

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mencatat harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo terdiri dari 11 bidang tanah dan bangunan senilai Rp51,93 miliar, dua kendaraan yang bernilai Rp425 juta dan lain-lain.

Anaknya Jadi Pelaku Penganiayaan

Kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satrio viral di Twitter dalam beberapa hari terakhir. Pemicunya diduga mantan pacar David berinisial A yang mengadu ke Mario karena merasa dilecehkan. Mario adalah pacar A sekarang.

Mario mendatangi David yang berada di rumah temannya di daerah Pesanggrahan dengan mobil Jeep hitam. David dijak ke gang kosong dan dikeroyok oleh dua orang yang kini juga sudah ditahan bersama Mario. David hingga kini belum sadar.

Kronologi kasus penganiayaan terhadap David viral di Twitter dan mengundang perhatian publik. Rafael Alun Trisambodo ikut dikecam atas tindak kekerasaan yang dilakukan sang putra.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More