Yohanes Endra | MataMata.com
Link nonton film bertema satu suro (IMDb)

Matamata.com - Satu suro atau 1 Muharram tahun 2023 ini jatuh pada tanggal 19 Juli. Sedangkan malam 1 Muharram atau tahun baru Islam biasa disebut masyarakat Jawa dengan sebutan malam satu suro.

Dalam tradisi masyarakat Jawa, malam satu suro merupakan malam yang spesial. Pada malam satu suro, masyarakat Jawa meyakini untuk berbuat hal-hal bermanfaat seperti mengaji, ziarah, dan haul agar tidak mendapatkan sial.

Saking spesialnya, sederet film mengangkat tema satu suro. Yuk simak link nonton film bertema satu suro beserta sinopsisnya berikut ini.

Baca Juga:
Doa Malam 1 Suro Amalannya, Rugi Kalau Tidak Diamalkan

1. Malam Satu Suro (1988)

Link nonton film bertema satu suro (IMDb)

Film Malam Satu Suro yang rilis tahun 1988 dibintangi mendiang Suzanna. Disutradarai Sisworo Gautama Putra, film Malam Satu Suro berkisah tentang sundel bolong bernama Suketi (Suzanna) yang bangkit dari kubur usai kepalanya ditancapi paku oleh dukun Ki Rengga (Soendjoto Adibroto).

Suatu ketika, Suketi dilamar Bardo Ardiyanto (Fendy Pradana) yang datang dari Jakarta. Ki Rengga sebagai ayah angkat Suketi mengajukan syarat agar pernikahan mereka digelar pada malam satu suro.

Baca Juga:
Ikut Ritual Malam 1 Suro, Jefri Nichol Gandeng Rania Yamin?

Mitos larangan menikah di malam satu suro dalam tradisi Jawa membuat pernikahan Suketi dan Bardo mendatangkan bahaya. Tonton film Malam Satu Suro selengkapnya di Disney+ Hotstar melalui link di sini.

2. Satu Suro (2019)

Link nonton film bertema satu suro (IMDb)

Sedangkan film Satu Suro yang rilis pada 2019 dibintangi Citra Kirana dan Nino Fernandez. Citra Kirana berperan sebagai Adinda yang pindah rumah jauh dari kota dalam keadaan hamil.

Baca Juga:
Jefri Nichol Diam-diam Ikut Ritual Malam 1 Suro, Cewek yang Digandeng Bikin Penasaran

Saat Adinda mengalami kontraksi, Bayu (Nino Fernandez) langsung gercep membawa sang istri ke rumah sakit terdekat di kota tersebut. Namun saat datang kembali ke rumah sakit itu, Bayu hanya melihat sebuah bangunan kosong yang kabarnya sudah tidak aktif selama lebih dari 10 tahun.

Bayu ternyata datang ke rumah sakit pada waktu yang tidak tepat, yakni malam satu suro. Menurut seorang warga, malam satu suro merupakan hari rayanya makhluk halus. Berikut link nonton film Satu Suro di Disney+ Hotstar, klik di sini.

Itu dia link nonton film bertema satu suro. Jangan nonton lewat link bajakan ya! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More