Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip (Instagram/@theroyalfamily)

Matamata.com - Setelah sempat disemayamkan beberapan hari, akhirnya jenazah Pangeran Philip dimakamkan pada Sabtu (17/4/2021). Ratu Elizabeth II, serta keluarga dan kerabat terdekat ikut mengantar Pangeran Philip ke tempat peristirahatan terakhirnya kemarin. 

Media sosial banyak menyoroti beragam potret Ratu Elizabeth II dan keluarga selama menyaksikan prosesi pemakaman Pangeran Philip. Salah satunya adalah foto sang Ratu duduk sendirian sepanjang prosesi kebaktian mendiang suaminya di kapel St George.

Ratu Elizabeth II (Shutterstock)

Di foto yang beredar di media sosial tersebut, Ratu Elizabeth terlihat menundukkan kepalanya dalam kesendirian. Saat menyaksikan prosesi pemakaman sang suami, dia juga dikabarkan sempat tak kuasa menahan air mata. Dilansir The New York Times, Potret ini menuai simpati dari netizen di Twitter.

Baca Juga:
Pangeran Harry Hadiri Pemakaman Pangeran Philip, Akankan Meghan Datang?

"Dia terlihat sangat kesepian di sana. Hari ini dia lebih terlihat seperti seorang janda, daripada seorang ratu," celetuk seorang netizen.

"Bukan royalist, tapi aku merasakan tenggorokanku tercekat untuk #QueenElizabeth. Suami tercintanya selama 73 tahun yang setiap setiap hari ada di sisinya; aku tidak bisa membayangkan. Potret kesepiannya sangat menyayat hati," ujar yang lain.

"Foto ini benar-benar menyadarkan kita tentang fakta mengerikan dari pandemi. Di mana tidak ada pelukan penuh air mata dengan keluarga tercinta di saat kamu benar-benar membutuhkannya," kata lainnya.

Baca Juga:
Kabar Duka! Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip Meninggal Dunia

Ratu Elizabeth II duduk sendirian di pemakaman Pangeran Philip. (Twitter/@SaraKean)

Alasan kenapa Ratu Elizabeth dibiarkan duduk sendirian selama prosesi pemakaman sang suami pun terungkap. Melansir CNN, alasannya adalah karena penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat sesuai dengan aturan Inggris. Ratu dan tamu lain dipastikan harus menjaga jarak selama prosesi pemakanan.

Semua tamu yang bukan berasal dari satu anggota rumah tangga diharuskan duduk dengan jarak 2 meter. Oleh karena itu karena berasal dari rumah tangga yang berbeda, anggota keluarga Kerajaan Inggris yang lain tidak diperkenankan menemani sang Ratu. 

Pangeran Philip meninggal dunia (Twitter.com/RoyalFamily)

Sementara itu, Pangeran Philip dimakamkan di Frogmore Gardens. Hal ini karena Duke of Edinburgh tidak ingin dimakamkan dengan Pemakaman Kenegaraan, di mana publik bisa memberikan penghormatan terakhir untuknya. Selamat jalan Pangeran Philip. [Nur Khotimah]

Baca Juga:
Tinggalkan Istana, Pangeran Philip Kecewa Pangeran Harry Lebih Pilih Janda

Load More