Yohanes Endra | MataMata.com
Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Matamata.com - Kepergian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat masih menyisakan duka mendalam. Tak hanya bagi masyarakat Inggris tapi juga dunia, sebab ia adalah tokoh yang global. Sepanjang pemerintahannya selama 70 tahun, Ratu Elizabeth II telah meninggalkan banyak warisan, termasuk bagi dunia perfilman.

Menjadi ratu di usia muda, telah membuat dunia mengenalnya sebagai sosok yang karismatik. Hal ini membuat banyak sineas yang ingin mengangkat kisah perjalanan hidupnya ke layar kaca. Meski didramatisasi dengan bumbu fiksi, namun kemunculan sosok Ratu Elizabeth II dalam film maupun serial mampu menambah warna dalam serial dan film tersebut.

Ada cukup banyak serial dan film yang menjadikan Ratu Elizabeth II sebagai tokohnya. Beberapa di antaranya bahkan berhasil meraih penghargaan dari ajang bergengsi seperti Emmy Awards dan Oscar. Berikut rekomendasi serial dan film dengan tokoh Ratu Elizabeth II yang wajib ditonton.

Baca Juga:
Profil Pangeran Charles, Pemegang Takhta Raja Inggris usai Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

1. The Naked Gun: From the Files of Police Squad! (1988)

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Memadukan genre komedi dan kriminal, The Naked Gun: From the Files of Police Squad! adalah film pertama dari franchise The Naked Gun. Franchise yang digarap oleh David Zucker ini sangat sukses secara komersial dan kritis. Mengisahkan Frank Drebin (Leslie Nielsen), seorang polisi yang berusaha menggagalkan rencana pembunuhan terhadap Ratu Elizabeth II (Jeannette Charles).

2. Churchill: The Hollywood Years (2004)

Baca Juga:
9 Fakta Menarik Ratu Elizabeth II yang Jarang Diketahui Umum

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Churchill: The Hollywood Years adalah film satire atas film Hollywood yang terkesan melebihkan peran Amerika dalam sejarah dunia. Sehingga film ini menampilkan cerita yang cukup nyeleneh salah satunya adalah ketika Adolf Hitler (Antony Sher) pergi ke Istana Buckingham untuk menikahi salah satu anggota kerajaan. Sosok Ratu Elizabeth II diperankan oleh Neve Campbell yang merupakan pemeran Sidney Prescott dalam seri film Scream.

3. The Queen (2006)

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Helen Mirren dipercaya jadi pemeran Ratu Elizabeth II dalam The Queen. Film ini menceritakan bagaimana tanggapan Ratu Elizabeth II dan keluarga kerajaan atas kematian tragis dari Putri Diana pada tahun 1997. Perbedaan keyakinan yang ada di lingkungan kerajaan membuat kematian Diana tidak diperlakukan sebagai kematian resmi dari kerajaan. Akting Helen Mirren yang apik mengantarnya meraih Best Actress dalam Academy Awards 2007.

Baca Juga:
Gading Marten Unggah Transformasi Ratu Elizabeth II dari Bayi hingga Meninggal Dunia, Rambutnya Jadi Sorotan

4. The King's Speech (2010)

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Film garapan Tom Hooper berhasil menyabet Best Picture Oscar 2011. Bergenre drama sejarah, The King’s Speech menceritakan persahabatan Raja George VI (Colin Firth) dan terapis wicaranya, Lionel Logue (Geoffrey Rush). Sosok Ratu Elizabeth II muda dalam film ini diperankan oleh Freya Wilson.

5. William & Catherine: A Royal Romance (2011)

Baca Juga:
Ahli Kerajaan Ungkap Sifat Asli Ratu Elizabeth II Selama Hidupnya: Dia Bisa Bersikap Konyol

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Sesuai judulnya, film ini mengisahkan cinta antara Pangeran William (Dan Amboyer) dan Catherine 'Kate' Middleton (Alice St Clair). Dimulai sejak keduanya bertemu di kampus sampai proses pertunangan mereka. William & Catherine: A Royal Romance juga menampilkan karakter anggota keluarga kerajaan, salah satunya adalah Ratu Elizabeth II (Jane Alexander).

6. Walking the Dogs (2012)

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Serial antologi Playhouse Presents ini diangkat dari kejadian nyata yang dialami oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 1982. Peristiwa tersebut dikenal dengan Michael Fagan Incident yang merupakan sebuah aksi pembobolan kamar ratu di Istana Buckingham oleh Michael Fagan. Episode ini menyoroti peristiwa dramatis dari insiden tersebut. Artis Emma Thompson didapuk untuk memerankan karakter Ratu Elizabeth II.

7. A Royal Night Out (2015)

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Mengisahkan kisah masa muda Ratu Elizabeth II dengan adiknya Putri Margaret. Kala itu ratu Elizabeth II masih berstatus sebagai putri kerajaan. Ia dan adiknya menikmati hidup sebagai perempuan muda biasa. Keduanya memulai petualangan seru usai berakhirnya Perang Dunia II.

8. Elizabeth: The Unseen Queen (2022)

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Film tentang Ratu Elizabeth II selanjutnya adalah dokumenter tentang perjalanan hidupnya yang diangkat ke layar lebar dengan judul Elizabeth: The Unseen Queen. Selama 75 menit durasinya, film ini memperlihatkan sang ratu sejak bayi sampai proses penobatannya di tahun 1953 silam. Ratu Elizabeth II menyerahkan sekitar 400 gulungan film kepada pihak BBC Studio yang menggarap film tersebut. Dalam gulungan film itu, terdapat momen-momen yang tidak pernah terungkap ke publik seperti berita yang hilang juga momen di balik layar dari acara besar yang selama ini tak terungkap.

9. The Crown (2016)

Serial dan Film dengan Tokoh Ratu Elizabeth II. (IMDb)

Serial Netflix ini mengisahkan kehidupan Ratu Elizabeth II dari tahun 1940-an yaitu ketika ia mulai memimpin Kerajaan Inggris setelah ayahnya, Raja George VI meninggal sampai saat ini. Serial ini begitu diminati dengan cerita yang membuat orang penasaran tak ayal The Crown melaju dalam beberapa penghargaan bergengsi seperti Emmy Awards dan Golden Globe.

Serial ini juga dibumbui dengan romansa, persaingan politik dan drama lain yang terjadi di sepanjang kekuasaan sang ratu. Karakter Ratu Elizabeth II muda diperankan oleh Claire Foy untuk musim 1-2 dan Olivia Colman di musim ketiga. The Crown sudah tayang sampai 4 musim dan musim ke-5 rencananya akan tayang pada November mendatang dengan Imelda Staunton sebagai Ratu Elizabeth. Sementara itu sepeninggal sang ratu, proses produksi The Crown akan dihentikan sebagai penghormatan pada Ratu Elizabeth II di musim ke-6.

Itu tadi sederet serial dan film dengan tokoh ratu Elizabeth II yang membuktikan sosoknya sebagai inspirasi bagi dunia perfilman.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More